Pantai Derawan, Pesona Surga Bawah Laut yang Begitu Indah

4
55210
pantai derawan

Pantai merupakan salah satu tempat terindah untuk memanjakan mata, apalagi pantai yang memiliki keindahan bawah laut. Tidak semua pantai di Indonesia bisa dengan mudah kita nikmati keindahan bawah lautnya, karena terkadang besarnya ombak menjadi penghalang, belum lagi adanya polutan yang membuat pantai menjadi tercemar dan merusak terumbu karang serta ekosistem yang ada di dalamnya. Salah satu pantai di Indonesia yang memiliki keindahan pesona surga bawah laut adalah Pantai Derawan.

Pantai Derawan terletak di Kepulauan Derawan, kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pantai ini berpasir putih dan yang menjadi daya tarik utamanya adalah wisata bawah lautnya. Disini pengunjung bisa melakukan snorkeling dengan menyelam ke bawah laut sambil melihat biota-biota laut yang beraneka ragam. Airnya yang jernih dan ombaknya yang tenang membuat pengunjung bisa dengan mudah mengamati keindahan ciptaan Tuhan yang berada di lautan. Terumbu karang yang cantik, ikan-ikan laut yang berwarna-warni, ubur-ubur, penyu sisik dan penyu hijau serta binatang-binatang laut lainnya akan menyambut Anda saat Anda melakukan snorkeling.

keindahan pantai derawan

Selain itu, di Pantai Derawan, Anda bisa melihat sunrise dari dermaga yang ada di sana. Melihat matahari pagi yang masih semburat kemerah-merahan akan membuat Anda semakin terpesona dengan keindahan alamnya dan membuat Anda merasakan sensasi semangat baru dalam hidup Anda. Belum juga matahari mulai meninggi, saat Anda mengalihkan pandangan ke keadaan sekitar Anda, mata Anda akan disuguhi dengan bentangan air jernih kebiru-biruan nan menentramkan jiwa yang terkadang juga akan Anda jumpai penyu-penyu yang sedang mencari makanan.

penyu di derawan

Di sini penyu masih sangat mudah Anda jumpai karena hewan yang sudah mulai langka ini memang dilindungi keberadaannya di Pulau Derawan. Di pulau ini ada lembaga WWF yang secara aktif membantu menjaga penyu-penyu ini dengan cara memindahkan telur penyu yang baru menetas ke tempat yang lebih aman, selanjutnya saat sudah menetas dan menjadi tukik baru di lepas ke lautan.

Perairan di Pantai Derawan dan sekitarnya memang sudah cukup terkenal sebagai surga bagi pecinta diving dan snorkeling. Disana benar-benar sebuah taman laut yang masih alami dan belum tercemar oleh polutan. Terumbu karangnya yang beraneka warna serta beraneka macam bentuk terlihat sangat rapat dengan hiasan berupa aneka macam jenis ikan dan biota laut membuat Anda seolah sedang menonton film “Nemo” dalam versi nyata.

diving di pantai derawan

Jika Anda berwisata ke Pantai Derawan, sempatkan pula mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya yang memiliki keindahan yang tidak kalah. Seperti Pulau Sangkali yang juga digunakan sebagai tempat pelestarian penyu, Pulau Kakaban yang memiliki danau dengan ubur-ubur yang tidak menyengat, dan Pulau Maratua yang juga memiliki pemandangan bawah laut sangat indah.

Pantai-pantai di pulau-pulau tersebut juga masih sangat jernih dan memiliki keindahan bawah laut yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Jarak dari Derawan ke pulau-pulau di sekitarnya tidaklah jauh, hanya sekitar 40 menit dengan menggunakan speedboat. Jadi sangat sayang dilewatkan jika Anda berkunjung Derawan, tanpa mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya.

pantai derawan indah

Pesona surga bawah laut Pantai Derawan dan pantai-pantai di sekitarnya adalah asset bangsa yang tidak ternilai harganya, keindahan alamnya tidak bisa ditukar dengan apapun juga. Mengunjungi pantai yang berada di provinsi Kalimantan timur ini tentu akan membuat Anda semakin bangga dengan Indonesia dan semakin bersyukur dengan ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa.

wisata pantai derawan

Tunggu apa lagi? segera masukkan pantai derawan ini ke dalam list destinasi wisata anda berikutnya. Bagi yang sudah pernah mengunjungi pantai derawan ini pastinya kalian ingin sekali untuk kembali mengunjunginya bukan?

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.