Pesona Pura Uluwatu yang Tampak Begitu Sempurna dan Memukau

0
19202
Pura Uluwatu

Pura Uluwatu atau juga sering disebut sebagai Pura Luhur Uluwatu merupakan pura yang terletak di Bali. Lebih tepatnya, pura ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Pura ini terletak di atas anjungan batu karang yang cukup terjal serta tinggi dan bahkan menjorok ke laut. Pura ini merupakan Pura Sad Kayangan, dipercaya sebagai penyangga 9 mata angin bagi orang Hindu. Awalnya, pura ini digunakan untuk memuja pendeta suci yang bernama Empu Kuturan. Pura ini terletak di ketinggian 97 meter dari permukaan air laut.

Uniknya, di depan Pura Uluwatu terdapat hutan kecil yang berfungsi menyangga kesucian pura. Hutan kecil tersebut disebut sebagai alas kekeran sesuai dengan fungsinya sebagai penyangga kesucian pura. Pura ini merupakan obyek wisata yang sangat populer dan bahkan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Berkat letaknya yang sangat menarik yaitu berada di ujung batu karang, pura ini memang terlihat begitu unik. Belum lagi ada hutan kecil di depannya, pura ini terlihat begitu menawan. Tidak heran jika banyak wisatawan berkunjung dan melihat keunikan yang ditawarkan.

Pura Uluwatu

Para pengunjung tidak hanya dapat melihat pura saja di destinasi wisata yang satu ini. Tetapi para pengunjung juga dapat menikmati suasana indah dan melihat pemandangan sunset di ufuk barat. Pemandangan matahari terbenam adalah pemandangan yang sangat memukau bagi sebagian pantai di Indonesia. Matahari yang tenggelam tampak seperti ditelan secara perahan oleh laut dan menampilkan cahaya yang begitu indah. Suasana di sore hari juga begitu romantis dan menenangkan sehingga banyak orang merasa nyaman di Pura Uluwatu. Jika Anda berkunjung ke Bali, Anda harus mengunjungi destinasi wisata yang menarik ini.

Bali memang memiliki banyak pura, namun Uluwatu adalah pura yang menawarkan pesonanya tersendiri. Pura yang satu ini menyimpan daya religius yang cukup kuat dan menawarkan panorama alam yang sangat memikat. Jika Anda ingin berkunjung ke pura ini, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30 hingga 45 menit dari pusat Kota Denpasar. Pura Uluwatu memang terletak tidak terlalu jauh dari Denpasar, Ibukota Provinsi Bali. Hal ini menjadi salah satu kelebihannya sehingga menjadikannya sebagai tempat wisata yang mudah untuk dikunjungi. Para wisatawan sendiri tidak ingin melewatkan kunjungannya ke pura ini.

Monyet Pura Uluwatu

Secara harfiah Uluwatu artinya adalah puncak batu, nama yang diberikan tentu sesuai dengan kondisi yang ada. Bali memang sangat identik dengan panorama alamnya yang begitu memukau. Begitu juga di Pura Uluwatu, panorama lautnya tampak begitu indah terutama ketika dinikmati dari atas tepian tebing. Di sore hari, Anda dapat melihat panorama laut dengan warna jingga ketika matahari terbenam. Suasana tersebut tampak seperti gambar karena begitu indah dan memukau. Kunjungan ke pura ini akan menjadi salah satu kunjungan wisata yang sulit dilupakan.

tari kecak pura uluwatu
Photo by tempatwisatadibali.id

Para wisatawan dapat menuruni jalan setapak untuk sampai ke pura sakral yang satu ini. Rute menuju ke pura ini akan menyita banyak perhatian Anda, terutama ketika melewati hutan kera. Pengunjung sangat disarankan untuk menyimpan barang-barangnya secara aman agar tidak diambil oleh para kera. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat tari Kecak di sore hari di tempat wisata yang satu ini. Tari budaya tersebut ditampilkan setiap hari yaitu mulai pukul 18.00 sampai pukul 19.00 WITA. Tari tersebut dibawakan oleh puluhan sehingga terlihat begitu memukau dan melengkapi keindahan Pura Uluwatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.