Cantiknya Panorama Alam Danau Batur Kintamani di Bali

0
14501
danau batur

Danau Batur Kintamani yang eksotis. Meskipun Bali hanya mempunyai 4 buah danau saja, tetapi daya tarik masing-masing dari danau tersebut memang begitu mempesona. Salah satu danau tersebut adalah Danau Batur yang ada di Kintamani. Nama dari Danau Batur sendiri diadopsi dari Gunung yang terletak di sampingnya. Sebab Danau Batur ini berlokasi di bagian lereng kawasan Gunung Batur.

Danau Batur adalah danau terluas di Bali, dan terletak di ketinggian 1.050 mdpl. Adapun air danau di sini memang begitu alami sebab langsung dari cucuran air hujan serta rembesan air di area pegunungan. Danau Batur Kintamani memiliki luas permukaan 16 km persegi yang memiliki kedalaman berbeda-beda, adapun kedalaman rata-rata danau ini yaitu 50,8 m. Pemanfaatan dari Danau Batur sendiri berbeda dengan pemanfaatan Danau Tamblingan, tetapi sama seperti Danau Beratan. Di Danau Beratan sendiri, pemanfaatannya mengarah ke objek wisata, seperti dengan objek wisata Danau Batur ini. Maka dari itu, kenapa di Danau Batur para wisatawan bisa mengelilingi danau memakai kapal kecil.

Pesona Wisata Danau Batur Kintamani

Danau Batur di Kintamani mempunyai keindahan panorama alam yang eksotis. Di mana danau ini dikelilingi pegunungan yang banyak diselimuti oleh pepohonan yang rindang sehingga memberikan kesejukan di area kawasan wisata tersebut. Tak hanya itu saja, Anda bisa berkeliling di sepanjang Danau Batur ini memakai perahu atau sampan yang telah disediakan para warga di sekitar wisata. Anda juga bisa memancing di area danau untuk yang gemar memancing. Anda tak perlu khawatir jika lupa membawa alat pancing, sebab di tempat ini telah disediakan sebuah jasa penyewaan alat pancing yang harganya terjangkau.

danau batur

Sebagai danau 7 terbesar di Pulau Dewata, Danau Batur Kintamani ini memiliki keunikan tersendiri jika dilihat di ketinggian, di mana Danau Batur akan terlihat persis seperti bulan sabit, dengan panjang 7 km serta lebar 2,5 km. Warna air di danau ini berubah-ubah tergantung dari senyawa belerang di dasar lautnya. Dengan begitu, terkadang warnanya terlihat seperti kebiruan kemudian berubah hijau kekuningan. Selain itu dikarenakan merupakan daerah pegunungan yang letaknya dekat dengan Gunung Batur, maka danau ini pun memiliki cuaca yang begitu sejuk dan asri. Adapun suhu udara di sekitar objek wisata ini yaitu 22-26 derajat celcius. Sehingga jangan lupa untuk membawa baju hangat atau jaket agar tidak kedinginan.

danau batur

Panorama alam di Danau Batur Kintamani ini memang sangat eksotis. Di kawasan wisata ini terdapat kombinasi warna hijau pegunungan dengan warna perbukitan yang terdapat di sekitar danau. Di mana dengan warna biru langit ketika sedang cerah berbaur dengan warna kebiruan dari dasar danau sendiri menjadi pemandangan yang begitu menakjubkan dan sempurna. Di lengkapi pula oleh suasana alam yang nampak asri dan sejuk menemani perjalanan para wisatawan ke danau ini.

Lokasi Danau Batur di Bali

Danau Batur berlokasi di Desa Panelokan Utara, tepatnya di Kecamatan Kintamani, dengan Kabupaten Bangli. Jaraknya hanya berkisar 65 km saja dari pusat kota Denpasar. Untuk Anda yang melakukan perjalanan mulai dari Bandara Penerbangan Ngurah Rai Bali, maka danau ini bisa ditempuh selama 1,5-2 jam melalui jalur Gianyar. Namun jika Anda melakukan perjalanan dari Singaraja, Anda pun bisa mencapai kawasan wisata ini lewat Desa Kubutambahan selama 1,5 jam saja atau berjarak 58 km. Meskipun menuju objek wisata ini Anda harus melewati jalanan berkelok, setelah sampai tentu akan disambut dengan panorama alam menakjubkan yang mampu memanjakan mata Anda di objek wisata Danau Batur Kintamani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.