Berkunjung ke Raja Ampat dan The Lord of The Rings-nya Jawa Timur, Wisata Banyuwangi Paling Instagrammable  

0
90

 

Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah ujung paling timur Pulau Jawa. Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten paling luas di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang menjadi pintu keluar masuk penyebarangan ke Bali ini ternyata memiliki potensi alam yang luar biasa.  Kamu pasti belum tahu bahwa di Banyuwangi terdapat tempat wisata mirip Raja Ampat. Selain itu, di kabupaten ini juga terdapat wisata yang menyerupai latar film The Lord of The Rings. Pasti kamu penasaran seperti apa dua wisata yang konon paling instagrammable di Banyuwangi ini?

Berikut akan kami ulas Jawatan Benculuk yang disebut sebagai The Lord of  The Rings-nya Jawa Timur, dan juga Waduk Bajulmati yang menyerupai wisata Raja Ampat. Kedua tempat wisata ini paling instagrammble yang ada di Banyuwangi. Jadi kamu yang ingin pergi ke Raja Ampat, tidak usah jauh-jauh dan menghabiskan banyak dana ke Papua. Cukup di sini tempatnya, di Kabupaten Banyuwangi saja. Yuk langsung saja simak ulasannya.

1Jawatan Benculuk, The Lord of The Rings-nya Jawa Timur

Awalnya tempat ini bukanlah tempat wisata. Pada tahun 1952, tempat ini dibangun kawasan arean resapan air dan tempat menimbun kayu jati yang diolah Perhutani Banyuwangi. Namun, adanya pohon-pohon trembesi tua yang sangat rindang dan menjulang tinggi membuat pemandangan sangat eksotis. Akhirnya, wisatawan menjadi objek wisata lokasi ini karena pesonanya yang indah.

Buat kamu nih yang suka hunting foto, maka inilah tempatnya yang paling instragrammable. Kami sarankan untuk hunting pada sore hari karena sinar metahari yang menelusup ke celah-celah pohon menimbulkan efek magis. Datanglah ke sini untuk membuktikan benar adanya tempat ini seperti di film The Lord of The Rings.

Tidak heran jika tempat wisata ini sering dikunjungi wisatawan pada sore hari. Selain menikmati udara yang begitu segar, kamu dapat bersepeda dan berolahraga serta mengambil foto untuk pra-wedding. Dijamin keren.

Selain menyuguhkan keindahan alam, tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas lain seperti spot memancing, dan arung jeram. Kamu dapat menggunakan fasilitas itu dengan menyewa peralatan yang sudah disediakan di sana.

Jawatan Benculuk berada di Desa Benculuk, Cluring, Banyuwangi. Kalau kamu datang ke sini, kamu gak akan dikenakan tiket masuk, karena harga tiket gratis. Enak bukan? Sudah gratis, tempat wisatanya juga keren.

2Waduk Bajulmati, Miniatur Raja Ampat

Pasti semua orang ingin berwisata ke Raja Ampat di timur Indonesia. Namun, sebagian kamu belum mampu pergi ke sana lantaran dana yang kamu sisihkan belum cukup. Tidak usah khawatir, cukup di Banyuwangi, Jawa Timur kamu akan menikmati pemandangan ala Raja Ampat yang begitu menawan. Ya, kami sarankan kamu untuk menyambangi tempat wisata Waduk Bajulmati.

Tempat wisata Bajulmati terletak di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Waduk ini diresmikan pada bulan Juli 2016 tahun lalu dan mampu menampung air sampai 10 juta kubik.

Wisata ini sangat ramai dikunjungi karena pesona alanya yang mirip dengan Raja Ampat.  Hal itu dikarenakan gundukan-gundukan tanah yang menyerupai pulau-pulau kecil di area waduk, seperti halnya pulau-pulau kecil di Raja Ampat.

Dijamin kamu tidak bakal nyesel jika sudah sampai ke sini. Kamu dapat berfoto dengan latar pulau-pulau kecil yang ada di area waduk. Spot itu ada di sebelah gazebo. Selain itu, kamu dapat berfoto di sepanjang jalan sekitar waduk yang jelas tidak kalah instragrammable-nya.

Waduk ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup beragam. Waduk ini dilengkapi dengan ATV, kafe, bahkan kamu dapat bermain outbond dan speed boat.

Waduk Bajulmati terletak di Desa Watukebo, Wongsorejo, Banyuwangi. Cara ke sini terbilang cukup mudah karena tempatnya yang bersebelahan dengan Taman Nasional Baluran. Jika kamu menggunakan kendaraan dari Kota Banyuwangi arahkan menuju ke Pelabuhan Ketapang, lalu Panti Watudodol, Jalan Lintas Banyuwangi, Situbondo, Pasar Bajulmati, Pintu Masuk Taman Nasional Baluran, dan setelah lewat 10 menit belok kiri ke gapura pintu masuk waduk. Mudah bukan?

Waduk Bajulmati dibuka pada jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB. Jadi jika kamu ingin bermalam usahakan mencari penginapan di sekitar waduk. Untuk tiket harganya sendiri sangatlah murah. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000 per motor, dan Rp 10.000 per mobil. Dengan harga tiket demikian kamu sudah serasa di Raja Ampat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.