Ponorogo terkenal kesenian tradinisional Reog yang sudah mendunia sekaligus menjadi ikon Kota Ponorogo. Selain itu, ternyata kota yang terletak sebelah selatan Provinsi Jawa Timur ini menyimpan berbagai keindahan alam yang wajib kamu kunjungi. Apa saja sih tempat wisata yang ada di Ponorogo? Nah, dalam artikel berikut akan kami ulas 9 tempat wisata di Ponorogo, Kota Reog Jawa Timur yang kamu bakal nyesel jika tidak mengunjunginya.

1Bukit Teletubies

Bukit Teletubies adalah salah satu objek wisata alam yang berupa gunung. Bukit ini memiliki pesona alam yang masih jarang dikunjungi orang sehingga masih sangat alami. Kabarnya, bukit ini disebut sebagai bukit teletubiesnya Ponorogo karena mempunyai panorama yang hampir serupa dengan karakter teletubies. Kebayangkan betapa lucu dan indahnya bukit ini?

Bukit Teletubies terletak di sebelah sebelah selatan kota Ponorogo. Tepatnya di Desa Pandak, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa timur. Nah, kamu dapat berfoto di puncak bukit dengan panorama alam dan terlihat jelas perkotaan Ponorogo dari sini. Di sarankan bagi kamu yang akan berkunjung ke sini, bawalah perlengkapan penghangat badan, karena cuaca dingin menyelimuti lokasi wisata ini.

2Gunung Bayangkaki Ponorogo

Tempat wisata di Ponorogo selanjutnya adalah wisata Gunung Bayangkaki. Tempat wisata ini merupakan tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Wisata ini sangat menakjubkan dan eksotik. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan merasakan sensasi petualang dan sanggup menghilangkan kejenuhan akibat aktivitas sehari-hari. Ketika kamu sudah ada di puncak gunung, kamu akan melihat panorama yang tidak akan pernah bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Wisata ini berada di sebelah timur laut kota Ponorogo tepatnya di Desa temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Kamu tidak akan nyesel jika sudah ada di puncak, meski jalan menuju ke sana terjal dan sulit.

3Gunung Gajah

Gunung Gajah merupakan gunung yang memiliki spot menarik yang disuguhkan puncak gunung Gajah. Wisata ini masih sangat alami dengan bentangan alam hutan belantara yang hijau. Suhu udaranya juga sangat segar, cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan kepenakan dan kebisingan perkotaan. Selain itu, kamu dapat menyaksikan awan berterbangan di atas kepala kamu. Kebayangkan bagaimana pesona wisata ini?

Jalan menuju ke sana masih sangat terjal dengan bentangan jurang di sebelah jalan. Kamu harus berhati-hati agar sampai ke puncak. Gunung Gajah berada di sebelah selatan kota Ponorogo teparnya ada di Desa Munggu, Bungkal, Ponorogo.

4Gunung Bedes

Tempat wisata selanjutnya adalah Gunung Bedes. Gunug Bedes ini memang tidak terlalu besar dan tinggi di banding gunung sebelumnya. Gunung Bedes memiliki ketinggian lebih dari 200 m. Namun demikian, wisata ini menjadi pilihan favorit untuk berlibur. Kamu bakal merasakan sensasi menakjubkan saat berada di lokasi wisata ini.

Gunung Bedes memiliki puncak dengan luas kurang lebih 10 meter persegi. Dari puncak inilah kamu dapat menikmati pemandangan alam yang ekosotik. Di sini kamu juga dapat melihat dengan jelas Gunung Bayangkaki dan rumah-rumah warga sekitar. Gunung Bedes berada di timur Kota Ponorogo tepatnya di Desa Ngadirojo, Sooko, Ponorogo.

5Tanah Goyang Pudak

Masih berlokasi di timur Kota Ponorogo, kamu jangan melewatkan tempat wisata yang satu ini. Tanah Goyang Pudak berada di Desa Pudak Wetan, Pudak, Ponorogo. Wisata ini terbilang unik dan fenomena alam. Kamu bakal merasakan sensai tanah yang bergerak dan bergoyang saat kamu injak. Wisata ini berada di sekitar lembah pegunungan. Jadi suhu udaranya sangat segar dan cocok bagi kamu yang ingin ketenangan.

6Gunung Beruk

Awalnya gunung ini hanya biasa, namun berkat pengelolaan pemerintah setempat, Gunung Beruk menjelma tempat wisata yang ramai dikunjungi. Wisata Gunung Beruk tedapat di Desa Karangpatihan, Balong, Ponorogo. Banyak sekali spot-spot favorit buat berfoto di lokasi wisata ini. Salah satu spot yang sangat diminati pengunjung adalah rumah pohon kecil di atas bukit. Pasti kamu penasaran seperti apa sebenarnya keindahan wisata Gunung Beruk ini? Langsung saja ke sini, jangan lewatkan pemandangan alam yang menakjubkan.

7Air Terjun Widodaren

Namanya saja sudah air terjun widodaren yang artinya air terjun bidadari, sudah tentu wisata ini sangat cantik laksana bidadari. Air terjun widodaren terdapat di Desa Bulu Lor, Jambon, Ponorogo. Di sarankan bagi anda berkunjung ke sini pada musim penghujan karena jika pada musim kemarau, debit air sangat kecil sehingga kurang begitu menarik. Wisata ini sangat alami dan terjaga keasriannya. Di sekitar lokasi masih berupa pohon-pohon hijau yang menambah lokasi semakin adem.

8Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk memiliki nama lain dari masyarakat yaitu Coban Temu. Tempat wisata ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dan berada di ketinggian 450 dpl dengan jumlah curah hujan yang tinggi. Kawasan air terjuan dikelilingi oleh perbukitan sehingga suasana semakin asri dan alami. Air Terjun ini terletak di Desa Jurug, Sooko, Ponorogo. Jangan lewatkan tempat wisata ini karena dijamin anda akan fresh setelah dari air terjun ini.

9Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah berada di selatan Ponorogo. Kawasan tersebut merupakan kawasan puncak yang berada di Desa Selur, Ngrayun, Ponorogo. Air Terjun Sunggah memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Air yang mengalir di air terjun tersebut sangat jernih sehingga anda akan merasa nyaman dan segar. Tempat wisata ini menjadi pilihan favorit wisatawan karena kealamiannya. Selain itu, suhu dingin di sekitar wilayah membuat anda merasa adem. Jangan lewatkan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.