Yuuk Santai Sejenak di Pemandian Tirta Budi Sleman, Blue Lagoon-nya Indonesia

0
2395

Yogyakarta adalah sebuah kota yang begitu istimewa. Tidak hanya dari segi budaya yang masih kental dan menjadi kota pelajar yang ramai dikunjungi orang, banyak keunikan yang tersembunyi di sana. Bagi mereka yang pernah hidup di Jogja, pastilah tahu kota ini sangat berbeda dari kota lainnya. Disinilah Anda belajar dan mengeri miniature Indonesia.

Selain terkenal dengan budaya dan makanan khasnya berupa gudeng, bakpia, dan lain-lain, Jogja juga tak kalah terkenal akan wisatanya. Pariwisata di Jogja sudah sangat terkenal, bahkan beberapa tahun ini semakin gencar saja mempromosikan wisata daerah. Pemandian Tirta Budi Sleman adalah salah satu tempat wisata yang sedang hits disana.

Terletak di desa Ngemplak, Sleman, Blue Lagoon menjadi ikon wisata baru Yogyakarta dan menambah khasanah pariwisata kota Gudeg ini. Sebelumnya, Jogja sudah terkenal dengan wisata alamnya yang luar biasa indah, namun kebanyakan terdapat di daerah Gunung Kidul yang cukup jauh. Sebuah anugerah luar biasa, kelimpahan air di desa tersebut ternyata menghasilkan sumber mata air yang menyejukkan mata. Pemandian Tirta Budi Sleman sebenarnya merupakan bilik kecil. Kenapa kini nama pemandian tersebut lebih dikenal sebagai blue lagoon? Blue lagoon sebetulnya adalah sebuah pariwisata di Iceland dengan air berwarna biru indah. Karena pemandian di Sleman ini bisa dikatakan mirip, tak begitu jauh berbeda dengan yang ada di Iceland maka untuk menyemarakkan pariwisata, para pemuda menyebutnya sebagai Blue Lagoonnya Sleman. Airnya memang biru jernih dan dilatari pohon-pohon bamboo rindang sehingga pantas disebut blue lagoon.

blue_lagoon_iceland
Blue Lagoon yang berada di Iceland

Wisata pemandian Tirta Budi Sleman ini memang masih tergolong baru. Tak heran jika pengelolaan pariwisata baru dilakukan oleh warga desa setempat sehingga untuk mencapai lokasi belum semulus lokasi wisata yang lain. Tapi tetap tidak sulit kok. Jika harus datang dari arah kota Jogja, arahkan kendaraan Anda menuju kilometer 13 dan Anda akan menemukan sebuah jembatan besi-Jangkang di sebelah kanan. Kemudian belok ke arah kanan dan ikuti hingga sampai di Pasar Jangkang. Ambil arah kanan dari pertigaan pasar jangkang tersebut sekitar 100 meter. Ikutilah petunjuk jalan yang ada dan Anda akan sampai di blue lagoon ini.

Pemandian Tirta Budi Sleman

Ketika harus memasukkan kaki ke dalam kolam maka sensasi tersendiri dan yang pertama akan terasa adalah ikan kecil-kecil menggigiti kaki, mirip terapi ikan. Sebaiknya jika Anda ingin melihat birunya Pemandian Tirta Budi Sleman ini, datanglah ketika musim kemarau karena kalau musim penghujan air kedung akan menyatu dengan air sungai Tepus sehingga warna birunya tidak terlihat. Namun Anda tidak perlu berkecil hati karena Anda bisa berwisata air di sini. Pinjamlah pelampung dan ban yang disewakan dan cobalah untuk meluncur dari atas bendungan kecil di ujung sungai. Anda akan merasakan terapi pijat dari pancuran yang cukup tinggi. Sendang Lanang pun tidak kalah menarik. Anda bisa melepas rasa lelah dengan terapi pijat air yang mengalir sehingga punggung Anda lebih terasa ringan.

blue_lagoon_sleman

Setelah puas dan lelah bermain-main dengan air, kini saatnya melepas lapar dan dahaga dengan nasi kucing, ala angkringan khas orang Jogja dan segelas teh hangat yang menghangatkan tubuh setelah berendam di air cukup lama. Anda bisa bersantai-santai di gazebo-gazebo yang disediakan, ditemani pemandangan pohon bamboo rindang nan hijau. Suara gemericik air, suara burung nan merdu akan membuat Anda enggan untuk pulang. Inilah salah satu keajaiban alam Yogyakarta. Bagaimana? Berminat ke Pemandian Tirta Budi Sleman? Yuk segera rencanakan liburanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.