10 Oleh-oleh Khas Bandung yang Paling Dicari

0
6459

Setelah berwisata ke Bandung tak lengkap rasanya jika kalian tak membeli oleh-oleh khas Bandung yang paling terkenal bukan? Bandung mempunyai oleh-oleh yang cukup menarik loh, kali ini kita akan membahas tentang apa saja yang bisa kita jadikan oleh-oleh untuk kerabat kita jika kita berwisata ke Bandung. Berikut daftar oleh-oleh di Bandung mulai dari oleh-oleh makanan maupun oleh-oleh berupa barang.

1Surabi

Surabi Bandung
Surabi Bandung, Via www.panduanwisata.id

Oleh-oleh khas Bandung yang satu ini merupakan kue yang paling populer di Bandung. Saya sendiri juga salah satu pecinta Surabi Bandung,  ya meskipun saat ini anda tidak harus datang ke Bandung untuk dapat menikmatinya karena di beberapa tempat sudah banyak menjual kue surabi. Mungkin sebagian orang ada yang berpendapat kalau Surabi itu termasuk jajanan pasar atau kue kampung, tapi sekarang surabi mempunyai banyak varian rasa loh, banyak pedagang yang berinovasi menjadikan kue surabi begitu beraneka rasa.

Bagi kalian yang berminat untuk membeli Surabi Bandung, kalian bisa mengunjungi salah satu penyedia surabi yang cukup populer dan menyediakan beragam varian rasa yaitu Surabi Enhaii yang berlokasi di Jalan Setiabudi.

2Pisang Bolen Kartika Sari

Pisang Bolen Kartika Sari
Pisang Bolen Kartika Sari, via detik.com

Pisang Bolen Kartika Sari ini merupakan salah satu oleh-oleh dari Bandung yang sudah tersebar dimana-mana, karena banyak sekali kita temui gerai yang menjual Pisang Bolen Kartika Sari. Pisang Bolen ini sudah terkenal sejak 1970an loh, cita rasanya dikenal begitu lezat sehingga sampai saat ini Pisang Bolen Kartika Sari masih menjadi rekomendasi yang pertama. Untuk varian rasa, kalian tidak perlu khawatir, Kartika Sari menyediakan beberapa varian rasa seperti coklat, keju bahkan sampai rasa durian pun ada.

Untuk lokasi, sebenarnya cukup banyak sekali gerai yang menjual Pisang Bolen Kartika Sari ini, tapi karena kita membahas oleh-oleh khas Bandung, maka lokasi yang saya sarankan adalah yang berlokasi di Bandung. Berikut daftar alamat Kartika Sari di Bandung :

  • Kartika Sari Kebon Kawung, Jl. H. Akbar no. 4 Kebon Kawung, Bandung, No Telp. (022)4231355 – 4200441.
  • Kartika Sari Dago, Jl. Ir. H. Djuanda no. 85, Bandung, No Telp (022)2509500.
  • Kartika Sari Kebon Jukut, Jl. Kebon Jukut no. 3C, Bandung, No Telp. (022)4230397.
  • Kartika Sari Buah Batu, Jl. Buah Batu no. 165 A, Bandung, No Telp. (022)7319385
  • Kartika Sari Kopo, Jl. Kopo Sayati no. 111 A, Bandung, No Telp. (022)5414340.
  • Kartika Sari Terusan Jakarta, Jl. Terusan Jakarta no. 77E, Bandung, No Telp. (022)7101280
  • Kartika Sari Cimahi, Jl. Raya Timur no. 518, Cimahi, No Telp 022 6656280

3Oncom Raos

oncom raos bandung
Oncom Raos asal Bandung, via twisata.com

Oncom adalah makanan yang berasal dari olahan kacang yang difermentasi. Berbicara soal oncom, maka oncom yang paling terkenal di Bandung adalah Oncom Raos. Oncom Raos berada di Jalan Cihampelas 91 B, Bandung. Oncom Raos sudah berdiri sejak lama loh, kurang lebih sekitar 40 tahun yang lalu dan disini kalian tidak hanya bisa membeli oncom tapi juga dapat membeli jajanan lainnya seperti keripik, manisan dan lain sebagainya.

4Picnic Roll Prima Rasa

Picnic Roll Prima Rasa
Picnic Roll Prima Rasa, via misteraladin.com

Picnic Roll Prima Rasa ini mungkin tidak terlalu familiar dibandingkan oleh-oleh diatas, tapi soal rasa kalian tidak perlu meragukannya. Apa sih Picnic Roll Prima Rasa itu? Makanan ini berasal dari olahan daging (ayam atau sapi) cincang yang dipadukan dengan telur dan pastry.  Jika kalian berminat untuk mencoba oleh-oleh khas bandung satu ini, kalian dapat berkunjung ke Jalan Pasirkaliki.

5Peuyeum

Peuyeum Bandung
Peuyeum Bandung, via angkisland.com

Jika kalian belum pernah mendengar tentang peuyeum, peuyeum adalah tape yang berasal dari singkong. Ketika kalian berwisata ke Bandung tentunya kalian tidak sulit menemukan pedagang yang berjualan peuyeum. Kalian bisa menemukannya di pusat oleh-oleh yang berada di kawasan jalan Cihampelas.

6Gepuk Nyonya Ong

gepuk nyonya ong bandung

Gepuk adalah makanan yang berasal dari olahan daging, namanya cukup unik bukan? Mungkin kalian akan lebih mudah menyebutnya sebagai ‘empal’. Berbeda dengan empal biasanya, gepuk terlihat seperti sate dengan danging besar dan lebar karena beberapa daging yang ‘dikepruk’ tadi ditusuk dijadikan satu. Jika berbicara soal gepuk, Gepuk Nyonya Ong lah yang paling terkenal. Jika kalian berminat, lokasi Gepuk Nyonya Ong berada di Jalan Dr. Djunjunan 155 E.

7Cireng Isi

cireng isi khas bandung

Jika mendengar nama makanan cireng, pasti kalian teringat jajanan SD bukan, dibeberapa daerah di Jakarta sekarang ini saya sering melihat yang namanya cireng isi. Cireng adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji, untuk cireng isi sendiri biasanya didalamnya terdapat beberapa macam isi, misalnya seperti isi keju, coklat, abon, bakso pedas, kornet, ayam dan lain sebagainya. Jika kalian datang ke Bandung, maka Cireng isi bisa dijadikan oleh-oleh loh, karena memang cireng ini berasal dari Bandung. Untuk dibuat oleh-oleh cireng isi ini dikemas dengan plastik yang disegel sehingga cukup bertahan jika dibuat oleh-oleh.

8Brownies

brownies amanda

Untuk Brownis, tentunya kalian pasti langsung mengenal yang namanya Brownies Amanda bukan? Brownies Amanda memang sudah tersebar diberbagai tempat dan dapat dengan mudah kalian dapatkan. Selain Amanda, brownies juda dapat kalian beli di Kartika Sari karena selain menjual Bolen, tempat ini juga menjual brownies.

9Angklung

angklung bandung
Angklung Bandung, via tempatwisatadibandung.info

Selain oleh-oleh khas bandung berupa makanan diatas, kini saatnya kita beralih ke oleh-oleh berupa alat musik khas Bandung, Angklung. Angklung sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang mampu menghasilkan kombinasi suara yang merdu. Jika kalian mengunjungi tempat wisata di Bandung yaitu Saung Angklung Udjo, kalian bisa membeli  oleh-oleh angklung disini.

10Kerajinan Tangan Lembang

kerajinan lembang
Kerajinan asal Lembang, via anekatempatwisata.com

Daerah Lembang juga mempunyai hasil kerajinan tangan loh, setelah kalian berwisata ke tempat wisata yang berada di Lembang, kalian dapat mampir untuk membeli kerajinan tangan asal Lembang untuk dijadikan oleh-oleh. Jika berminat, kalian dapat menemukannya di daerah Jalan Raya Lembang.

Baca juga : 15 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Itulah beberapa oleh-oleh khas Bandung yang paling dicari oleh wisatawan ketika ingin membeli oleh-oleh. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi. Silahkan komentar dibawah ini jika ada saran-saran tentang oleh-oleh khas Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.