12 Tempat Wisata di Purwokerto yang Paling Terkenal

0
3976

Purwokerto merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Jika kalian sobat WisataKu berencana mengunjungi Kota Purwokerto atau setidaknya Kabupaten Banyumas, tak ada salahnya jika kalian mengunjungi tempat wisata di Purwokerto bukan? lebih tepatnya di Kota ini kalian dapat menikmati aneka wisata yang ada di Purwokerto dan juga Banyumas.

Purwokerto sendiri merupakan salah satu kota yang memilikit tempat wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya, beberapa masih bersifat alami sehingga buat kalian yang jenuh dengan padatnya perkotaan, tidak ada salahnya untuk rehat sejenak di tempat wisata di Purwokerto ini.

Berikut Tempat Wisata Purwokerto yang wajib kalian kunjungi.

1. Wisata Baturaden

Wisata Baturaden purwokerto

Wisata Baturaden merupakan tempat wisata di Purwokerto yang terletak di lereng Gunung Slamet. Wisata ini merupakan salah satu wisata alam di Purwokerto yang menarik loh, dengan menyuguhkan pemandangan pegunungan nan indah dan tentunya dengan suhu yang sejuk membuat tubuh dan pikiran anda jadi rileks kembali.

Apa saja sih yang menarik dari tempat wisata di Purwokerto satu ini? Wisata Baturaden menyajikan keindahan alam dan pemandangan yang menarik, disini kalian dapat menyaksikan indahnya pemandangan kota Purwokerto dan Pulau Nusa Kambangan yang terkenal itu loh, tidak percaya? silahkan datang dan buktikan.

Untuk menuju tempat wisata Baturaden ini, kalian harus menempuh perjalanan selama 15 menit dari Kota Purwokerto.

 

2. Pemandian Air Panas Pancuran 3 (Telu)

Pancuran Telu baturaden
Pemandian Air Panas Pancuran Telu

Bagi kalian pecinta pemandian air panas, di Purwokerto juga ada pemandian air panas loh, salah satu pemandian air panas tersebut adalah Pemandian Air Panas Pancuran 3 (Telu). Pemandian air panas ini sebenarnya masih berada di area lokasi wisata baturaden, jadi jika kalian mengunjungi wisata baturaden tak ada salahnya juga mampir untuk menikmati pemandian air panas ini.

Pemandian Air Panas Pancuran Telu ini dinamakan Telu (dalam bahasa indonesia bermakna Tiga) karena bentuknya seperti pancuran yang berjumlah 3 pancuran. Selain air hangatnya yang bersuhu 60 – 70 derajat celcius, air panas disini juga mengandung belerang yang dipercaya dapat berkhasiat untuk kesehatan kulit anda.

 

3. Pemandian Air Panas Pancuran 7 (Pitu)

Pemandian Air Panas pancuran Pitu

Setelah Pemandian Air Panas Pancuran 3, ada juga Pemandian Air Panas Pancuran 7 (Pitu). Sama halnya seperti pancuran 3, pancuran 7 ini dinamakan karena bentuknya terdiri dari pancuran yang berjumlah 7 pancuran.

Lokasi dari pemandian air panas pancuran 7 ini masih berada di sekitar wisata baturaden kurang lebih sekitar 2,5 km dari dari tempat wisata favorit di Purwokerto tersebut. Pemandian air panas ini juga mempunyai pemandangan yang begitu indah sehingga membuat pemandian air panas ini menjadi tempat wisata di Purwokerto yang menarik bagi para wisatawan.

 

4. Goa Sarabadak Purwokerto

Goa Sarabadak Purwokerto

Goa Sarabadak merupakan salah satu wisata goa di Purwokerto yang terkenal akan keindahannya, Goa Sarabadak ini dikenal memiliki bebatuan yang berwarna keemasan yang tentunya mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Purwokerto.

Di Goa Sarabadak kalian bisa menikmati siraman air panas panas dan juga air dingin. Jika kalian ingin mengunjungi salah satu tempat wisata goa di Purwokerto ini, Goa Sarabadak terletak di  Desa Kemutuk Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas sekitar 14 Km dari Kota Purwokerto.

 

5. Telaga Sunyi Purwokerto

Telaga Sunyi Purwokerto
Telaga Sunyi Purwokerto, via kompasiana.com

Tak jauh dari lokasi wisata baturaden terdapat telaga yang indah, telaga tersebut adalah Telaga Sunyi. Telaga ini terletak sekitar 3 km dari wisata baturaden, jadi anda wajib mengunjungi tempat ini untuk menikmati suasana sunyi dan pemandangan telaganya yang indah. Telaga Sunyi ini mempunyai air yang dingin dan juga jernih, sehingga kalian dapat melihat dasar dari telaga ini dengan jelas. Satu hal lagi bagi kalian pecinta fotografi, tempat ini cukup menjanjikan jika digunakan sebagai spot berfoto-foto.

 

6. Wana Wisata Purwokerto

wana wisata baturaden

Jika anda berencana untuk wisata dengan berkemah di Purwokerto, Wana Wisata adalah tempat yang pas. Wana Wisata berada sekitar 2 km dari tempat wisata baturaden, tempat wisata ini menyediakan lahan perkemahan dengan kapasitas 1000 tenda. Ada pula pepohonan seperti pohon pinus dan pohon cemara karena Wana Wisata merupakan salah satu Cagar Alam.

 

7. Air Terjun Curug Cipendok Purwokerto

Curug Cipendok
Curug Cipendok, via detik.com

Wisata Purwokerto mempunyai banyak wisata air terjun (curug), salah satunya adalah Air Terjun Curug Cipendok. Air terjun yang memiliki ketinggian 92 meter ini terletak kurang lebih 25 km dari pusat kota Purwokerto, tepatnya berada di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Air Terjun Cipendok memiliki keindahan dengan pemandangan hutan yang mengelilinginya serta nuansa alam yang begitu kental karena jika anda pergi kesana anda akan mendapati suara hewan seperti burung elang dan kera yang bersaut-sautan.

 

8. Air Terjun Curug Gede Purwokerto

Air Terjun Curug Gede Purwokerto

Air Terjun Curug Gede merupakan salah satu wisata air terjung di Purwokerto yang dapat anda kunjungi. Air terjun ini terletak tak jauh dari wisata baturaden, yaitu sekitar 3 km, cukup dekat bukan? wisata air terjun curug gede ini terkenal dengan keindahan alam dan lempengan batu yang ada di sekitar air terjun tersebut.

 

9. Air Terjun Curug Ceheng Purwokerto

Air Terjun Curug Ceheng Purwokerto

Curug Ceheng Purwokerto merupakan wisata air terjun di Purwokerto yang memiliki ketinggian 13 meter. Air terjun ini berada di lereng tenggara Gunung Slamet, tepatnya terletak di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang. Suasana di air terjun ini cukup sejuk dan jika anda beruntung, anda akan menemui banyak kelelawar yang berterbangan di kawasan air terjun tersebut, tapi tentunya itu bukan goa markas dari superhero Batman loh, hehehe.

 

10. Pemandian Tirta Husada Kali Bacin

Tirta Husada Kali Bacin

Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah di Purwokerto, kalian bisa mengunjungi Pemandian Tirta Husada Kali Bacin. Pemandian Tirta Husada Kali Bacin termasuk wisata bersejarah karena memiliki peninggalan kerajaan indonesia dan belanda. Dulunya pemandian Kalibacin dikenal juga dengan wisata husada. Selain anda dapat berendam disini, air di pemandian kalibacin terkenal berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit dan tulang. Pemandian Kalibacin terletak di Desa Tambak Negara, Kecamatan Rawalo, Banyumas.

11. Combong Valley di Purwokerto

Combong Valley di Purwokerto

Bagi kalian pecinta kegiatan outbond, tempat wisata Combong Valey di Purwokerto ini harus kalian kunjungi. Combong Valley menyediakan sarana untuk permainan outbond seperti paintball.

 

12. Gua Maria Kaliori

Gua Maria Kaliori

Selain memiliki wisata alam yang begitu indah, Purwokerto juga mempunyai tempat wisata kerohanian loh. Tempat Wisata tersebut berbentuk sebuah Gua, yaitu Gua Maria Kaliori. Gua Maria Kaliori mempunyai luas 5,6 hektar dimana di area tersebut banyak sekali terdapat fasilitas seperti kursi dibawah pohon rindang, pendopo dan lain sebagainya. Gua ini terkenal dengan patung Bunda Maria yang berada di area gua. Gua Maria Kaliori terletak sekitar 20 km dari pusat kota Purwokerto, tepatnya berada di Kaliori, Purwokerto.

Itulah beberapa tempat wisata di Purwokerto yang dapat kalian kunjungi. Semoga postingan saya kali ini dapat menjadikan referensi bagi kalian yang ingin berwisata di Purwokerto. Jika ada saran atau tambahan mengentai tempat wisata di Purwokerto di atas, kalian bisa tambahkan di komentar dibawah ini ya, agar saya bisa menambahkan pada daftar diatas, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.