Berbicara soal es krim, siapa sih yang tidak menyukai sweet tooth yang satu ini? Es krim merupakan makanan beku yang dibuat dari produk susu atau krim yang dicampur dengan perasa dan pemanis. Makanan yang satu ini sangat diminati oleh kalangan segala usia. Kali ini saya ingin mereview beberapa tempat makan es krim yang terkenal legendaris di Indonesia.

Berikut 5 Toko Es Krim (Ice Cream) Terbaik di Indonesia

 

1. Toko Oen, Ice Cream terbaik di Kota Malang

Es Krim Toko Oen

Tempat eskrim ini sudah ada sejak tahun 1930. Walaupun sudah terkesan old fashioned, namun tempat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para sosialita di kota Malang untuk berkumpul. Es krim Oen ini pertama kali diciptakan oleh Oma Oen, yaitu seorang perempuan keturunan Tionghoa. Pada awalnya Oma Oen membuka toko kue di Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1922, Oma Oen mengembangkan usahanya menjadi toko es krim. Namun ternyata Toko eskrim Oen di kota Malang ini dijual ke pemilik baru.

Es krim yang disajikan Toko Oen pun beraneka ragam rasa dan variasi, seperti single scoop vanilla, cokelat, cocktail, hingga gula jawa. Es krim ini juga biasa disajikan dengan  tambahan biskuit-biskuit. Untuk mencicipi aneka eskrim ini, kalian bisa dateng ke kota Malang tepatnya di Jalan Jendral Basuki Rachmad No. 5.

2. Ragusa, Toko Ice Cream Terbaik di Jakarta

Es Krim Ragusa, Jakarta

Tempat eskrim yang satu ini terkenal dengan es Italia-nya dan juga menjadi salah satu tempat hunting es krim favorit di pusat Jakarta. Ragusa es Italia merupakan salah satu kedai distrik yang terkenal di Italia. Pada saat itu bebrapa penjajah datang ke Indonesia dan berniat untuk belajar menjahit. Tetapi, melihat peluang yang ada akhirnya penjajah tersebut membuka kedai es krim di Jakarta dan sampai saat ini masih dipertahankan sejarahnya. Menu-menu eskrimnya pun sangat dijaga ketat kerahasiaannya dan eskrim ini tidak mengandung bahan pengawet sama sekali sehingga sangat cepat cair.

Menu favorit di Ragusa sendiri yaitu spaghetti ice cream dan banana split. Bagi yang mau berkunjung di kedai es krim ini, pastikan anda tidak datang ketika jam makan, karena tempat duduk di tempat ini sangatlah terbatas dan untuk bisa duduk, para pengunjung harus sabar menunggu pengunjung yang lain selesai. Tempat es krim Ragusa ini sederhana dan sangat klasik. Range harga untuk es krim ini sekitar 12.000 hingga 30.000. Lokasi  Ragusa berada di Jalan Veteran I No. 20, Jakarta Pusat.

3. Zangrandi, Toko Ice Cream Terkenal di Surabaya

es krim zangrandi surabaya

Zangrandi merupakan kedai es krim tertua di kota Surabaya. Kedai es krim ini sudah ada sejak tahun 1930. Dari tampak depan bangunan Zangrandi, kalian pasti sudah dapat merasakan arsitektur-arsitektur khas Eropa yang mewarisi budaya kota Pahlawan ini. Tekstur es krim Zangrandi ini terkenal karena sangat lembut, creamy namun tidak terlalu manis. Konon, kedai es krim ini sering menjadi tempat nostalgia untuk para warga Surabaya loh.

Favorit menu di Zangrandi ialah es krim tartnya. Es krim tart ini juga dijual per slice dengan berbagai rasa, seperti chocolate, rainbow, cassata, dan masih banyak lagi, Kedai es krim ini terletak di Jalan Yos Sudarso No. 15. Lokasinya pas berada di tengah kota sehingga sambil menikmati es krim, kamu juga dapat melihat hiruk pikuk kota Surabaya.

4. Es Krim A Ngi, Ice Cream Terkenal di Pontianak

Es Krim A Ngi

Nah sekarang kita beralih ke pulau Kalimantan nih. Selain dikenal dengan hutan-hutannya, ternyata pulau Kalimantan juga mempunyai es krim legendaris loh. Es Krim A Ngi namanya atau juga dikenal dengan es krim Petrus. Es krim A Ngi merupakan es krim homemade yang cukup terkenal di Pontianak. Selain rasanya yang sangat enak dan sulit dilupakan, es krim ini juga  sangat unik, karena disajikan dengan wadah batok kelapa. Rasa es krim ini sangat bermacam-macam, yaitu cokelat, vanilla, strawberry, hingga buah-buahan seperti durian, cempedak, strawberry, dan lain-lain. Kedai es krim ini terletak di Jalan KS Tubun No.8, Pontianak. Untuk yang ingin berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa untuk mencicipi es krim yang satu ini yah.

5. Tip Top, Es Krim Legendaris di Medan

Es Krim Tip Top

Tip Top ini merupakan salah satu restoran yang sudah ada sejak tahun 1930-an. Khasnya di restoran ini yang tidak diubah dari jaman dahulu yaitu cara memasak makananya dengan menggunakan tungku kayu bakar. Restoran ini juga terkenal dengan es krimnya yang konon katanya menggunakan resep nenek moyang. Dulu resto Tip Top merupakan tempat berkumpulnya masyarakat Belanda pada zaman kolonial. Restoran ini berada di kawasan Jalan Ahmad Yani, Medan.

Itulah beberapa toko es krim terfavorit yang ada di Indonesia menurut saya. Jika anda mempunyai es krim favorit anda sendiri dan ingin ditambahkan dalam daftar diatas, silahkan berikan referensi anda di komentar dibawah ini yaaaa, dan jangan lupa untuk LIKE Facebook Page dari Wisataku.ID ini yaa, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.