Wisata Gunung Bromo Jawa Timur merupakan tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca negara. Gunung Bromo terkenal dengan view matahari terbit, selain itu banyak sekali spot yang menjadi unggulan dari wisata ini. Dan lebih menariknya lagi, ketika kamu ingin mengunjungi salah satu dari spot itu, kamu harus menggunakan kendaraan 4 wd karena medannya yang ekstrem.

Tempat-tempat wisata yang akan kami ulas ini sering kali dilewati oleh para pengunjung karena memang masih sangat alami. Selain itu, biasanya wisatawan hanya mengunjungi 4 spot favorit saja seperti Gunung Penanjakan untuk menyaksikan sunrise, kawah bromo, padang rumput, savanna dan juga bukit teletubies. Nah, artikel kali ini akan mengulas tentang 5 tempat wisata Gunung Bromo dan sekitarnya yang lagi hits di tahun ini. Apa saja, mari kita ikuti ulasan berikut.

1Penanjakan 1

Tempat wisata yang pertama adalah Penanjakan 1 yang merupakan dataran tertinggi di kawasan Taman Nasional Bromo. Tempat ini adalah lokasi untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Penanjakan 1 ini terletak di sebelah barat dari Pegunungan Tengger. Nah, jika kamu ingin berkunjung ke sini, kamu harus menggunakan kendaraan 4 wd ya, karena memang akses menuju ke sini sangat tajam dan curam. Atau kalu tidak, kamu bisa juga kok mengendarai sepeda motor, namun jangan yang matic ya. Kamu juga disarankan untuk berangkat menuju ke lokasi ini lebih awal yaitu sekitar pukul 3 dini hari. Jangan sampai terlewat momen matahari terbit karena kamu dijamin akan takjub ketika sampai di sini sebelum matahari terbit.

2Penanjakan 2

Tempat wisata yang kedua adalah Gunung Penanjakan 2 yang sering dijadika altervnatif untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Jika kamu berkunjung ke Bromo melalui rute Probolinggo, kamu dapat memilih Bukit Penanjakan 2 ini untuk menikmati view sunrise. Meskipun tempat ini lebih rendah dari Penanjakan 1, namun pemandangan di sini tidak kalah menariknya dengan di Penanjakan 1. Untuk dapat ke sini, kamu juga tidak harus menyewa mobil 4 wd kok karena aksesnya cukup mudah.

3Padang Rumput Savana

Tempat wisata selanjutnya adalah Padang Rumput Savana yang terletak di selatan timur dari gunung Bromo. Tempat ini merupakan sebuah lembah hijau yang dikelilingi oleh tebing tinggi menjulang. Selain itu, juga ada beberapa gunung-gunung kecil di kelilingnya. Padang rumput bromo ini sangat luas, jika kamu datang ke sini kamu seolah-olah tidak berada di Gunung Bromo. Karena ketika kamu ke sini melewati lautan pasir yang gersang, kamu merasakan sangat kontras sekali, sampai di sini kamu berada di padang rumput yang hijau dan menyegarkan. Lokasi wisata ini terletak di Lembah Jemplang dan akses menuju ke sini sangat mudah, cukup hanya dilalui sepeda motor.

4Bukit Mentigen

Wisata selanjutnya adalah Bukit Mentigen yang merupakan alternative untuk melihat sunrise selain di Penanjakan 1 dan Penanjakan 2. Untuk sampai ke sini, kamu dapat jalan kaki dari area penginapan di daerah Lawang Probolinggo. Meskipun bukit ini tidak terlalu tinggi, namun kamu dapat menikmati sun rise di sini tanpa menggunakan kendaraan 4 wd maupun kendaraan lainnya. Lokasinya tidak jauh dari Cemara Lawang, atau lebih tepatnya di sebelah timur Hotel Lava View Bromo.

5Bukit Teletubies

Wisata selanjutnya adalah Bukit Teletubies yang berlokasi di sebelah selatan Gunung Bromo. Kamu bakal merasakan ada yang kurang jika tidak mengunjungi tempat wisata ini. Bukit Teletubies juga satu jalur dengan wisata menuju Padang Rumput Savana. Bukit Teletubies ini merupakan pegunungan kecil yang ditumbuhi dengan rumput persis seperti setting tempat fil Teletubies. Kamu dapat memainkan lensa dengan mengabadikan bersama keluarga atau sahabat kamu. Suhu udaranya juga cukup segar sehingga cukup untuk membuat kamu merasa betah di sini. Selain itu, wisata ini memang menjadi wisata andalan yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu berkunjung ke Bromo untuk singgah di tempat wisata ini.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.