6 Tempat Wisata di Provinsi Riau yang Paling Banyak Di Kunjungi

0
1717

Tempat wisata di Provinsi Riau memang ada banyak yang bisa dikunjungi. Provinsi Riau sendiri menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik yang dapat dikunjungi. Adapun ibu kota dari Provinsi Riau sendiri adalah Pekanbaru. Di Riau sendiri budaya Melayu masih sangat kental. Bahkan di sepanjang jalan, kita dapat melihat ada banyak sekali perempuan yang menggunakan baju kurung hingga sepanjang lutut sebagai baju khas Melayu. Kota yang satu ini lebih banyak dikenal sebagai kota bisnis yang ada di Indonesia. Selain sebagai kota Bisnis, Anda pun bisa menjumpai objek wisata menarik yang ada di Provinsi Riau berikut ini:

1. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang

Objek wisata yang satu ini menyajikan wahana tempat rekreasi keluarga dengan alam terbuka. Tempat wisata di Provinsi Riau ini dikelilingi perbukitan dengan suasana udara yang begitu sejuk di sekitarnya. Dari taman inilah, Anda pun dapat menyaksikan Jembatan Leighton dengan melintasi kawasan Sungai Siak. Di area ini, ada sebanyak 3 kolam pancing untuk Anda yang gemar memancing.

Terkadang objek wisata di sini pun dijadikan sebagai tempat untuk pertandingan memancing. Tak hanya memancing, di taman rekreasi ini Anda dapat menikmati flying fox serta kegiatan outbound lainnya. Agar kegiatan menjadi lebih santai, Anda pun bisa menikmati permainan bola air berukuran raksasa dan sepeda air yang dapat Anda sewa. Taman rekreasi alam mayang ini terletak di Jalan Imam Munandar, Pekanbaru, Riau.

2. Kebun Binatang Kasang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun binatang yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini merupakan salah satu tempat wisata yang biasanya lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan bersama keluarganya saat akhir pekan tiba. Kebun binatang yang satu ini mempunyai aneka macam jenis binatang untuk Anda kenalkan kepada buah hati anda, seperti burung, monyet, landak, ular dan sebagainya.

Tak hanya mengamati aneka macam koleksi binatang, di sini pun Anda bisa mengajak anak-anak bermain di area permainan seperti ayunan, kolam pancing, kolam renang dan papan seluncur. Kebun binatang ini terletak di Pekanbaru, Riau.

3. Masjid Senapelan

Masjid Sanapelan

Tempat wisata di Provinsi Riau tepatnya di Kota Pekanbaru menawarkan arsitektur bangunan masjid peninggalan dari Kesultanan Siak. Masjid Sinapelan atau Masjid Raya Pekanbaru didirikan sejak tahun 1762 serta termasuk sejenis masjid tertua yang ada di Riau.

Sejak awal didirikan, masjid Senapelan masih berukuran kecil serta terbuat dari material kayu. Namun kini Anda pun dapat menyaksikan bangunan arsitektur masjid yang megah dengan dominasi bangunan berwarna kuning merupakan warna khas Melayu yang juga diatapi dengan kubah besar.

4. Riau Fantasi

riau fantasi

Salah satu taman terbesar sekaligus terlengkap yang ada di Sumatera, tepatnya berada di Provinsi Riau yaitu Riau Fantasi yang juga dikenal sebagai Labersa Water and Theme Park. Kawasan objek wisata yang satu ini seluas 6,5 hektar. Adapun untuk wahana air sendiri terdapat aneka macam jenis kolam serta papan seluncur, yaitu adventure pool. Terdapat pula ember raksasa dan menara, dengan kolam dewasa dengan kedalaman sekitar 1,5 meter sementara untuk kolam usia anak-anak sendiri memiliki kedalaman hingga 30 cm.

Tiket masuk menuju tempat wisata di Provinsi Riau ini biasanya dibanderol sekitar Rp.20.000 untuk orang dewasa serta Rp.10.000 untuk anak-anak. Lokasi dari Riau Fantasi ini berada di Jalan Labersa Pekanbaru.

5. Danau Buatan Lembah Sari

danau buatan lembah sari

Danau Buatan Lembah sari berada di desa Limbungan, hanya berjarak 10 km saja dari jantung kota Pekanbaru. Danau yang satu ini awalnya hanya sebuah bendungan irigasi yang umumnya dipakai untuk mengairi areal pesawahan warga di sekitar. Akan tetapi kini tempat ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Pekanbaru.

6. Perpustakaan Soeman H.S.

Perpustakaan Soeman H.S.

Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata edukasi yang ada di Provinsi Riau, maka Anda bisa mengunjungi Perpustakaan Soeman H.S. Jika dilihat dari luar, arsitektur bangunan perpustakaan yang satu ini memang begitu unik. Bahkan bentuknya hampir menyerupai papan alas atau rehal yang digunakan untuk membaca ayat suci Al-Quran.

Perpustakaan ini terdiri atas 6 lantai yang mempunyai beragam fasilitas pendukung seperti ruang pertemuan, auditorium, kantin, kafe dan mushola. Anda juga bisa mengajak anak-anak pergi ke salah satu tempat wisata di Provinsi Riau ini tepatnya ke area Kids Corner dan Children Library. Lokasi Perpusatakaan Soeman HS ini berada di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Riau.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.