Bekasi Punya Tempat Wisata? Berikut Tempat Wisata di Bekasi Yang Wajib Kamu Kunjungi

2
4706

Jika kalian tinggal di Jakarta, tak jarang dari kalian mendengar orang bilang kalau Bekasi itu berada di “Planet Lain” bukan? Mungkin lelucon ini sudah melekat di masyarakat yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya. Saya sendiri kurang mengerti kenapa mendapat julukan seperti itu, tapi kali ini saya akan mengulas beberapa tempat wisata di Bekasi yang mungkin sedikit menambah wawasan anda mengenai kota Bekasi.

Berikut tempat wisata di Bekasi yang perlu kalian ketahui

1Wisata Rumah Pohon, Wisata alam di Bekasi

Wisata Rumah Pohon
Wisata Rumah Pohon di Bekasi, sumber foto : www.bintang.com

Jika kalian mendengar Bekasi gersang, panas dan lain sebagainya, kamu perlu untuk mengunjungi wisata rumah pohon di Bekasi ini. Disini kalian akan disuguhkan nuansa alami yang jauh dari asap kendaraan bermotor. Tak perlu khawatir bagi kalian perokok, di wisata rumah pohon bekasi ini menyediakan tempat tersendiri bagi kalian yang ingin merokok.

Selain pemandangan alami dan rumah pohon, disini kalian juga dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan, seperti flying fox, wall climbing, kolam tangkap ikan dan bagi kalian yang mempunyai anak balita, disini juga terdapat arena balita loh.

Untuk lokasinya, wisata rumah pohon ini terletak di Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi. Sebagai wisatal alam, wisata rumah pohon ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin mengisi liburan anda bersama keluarga.

2Taman Buaya Indonesia Jaya, Wisata Penangkaran Buaya

Taman Buaya Indonesia Jaya di Bekasi
Taman Buaya Indonesia Jaya di Bekasi, sumber foto : www.infobekasi.co.id

Anda pecinta binatang? suka dengan tempat wisata yang berhubungan dengan binatang? di Bekasi ada tempat wisata yang berhubungan dengan binatang loh, tempat itu adalah Taman Buaya Indonesia Jaya. Taman Buaya Indonesia Jaya adalah salah satu penangkaran buaya yang ada di Indonesia yang terletak di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam.

Perlu kalian ketahui, Taman Buaya Indonesia Jaya ini dibangun pada tahun 1990 dan sampai saat ini memiliki 5 kolam yang masing-masing berkapasitas 100 ekor buaya. Tapi kalian tidak perlu khawatir, kolam ini dibatasi oleh pagar setinggi 1,5 meter loh, jadi dipastikan aman bagi kalian yang takut dengan hewan buas satu ini.

buaya di taman buaya indonesia jaya bekasi

Taman Buaya di Bekasi ini tidak hanya menyajikan buaya di kandangnya  saja loh, disini kalian juga dapat menikmati pertunjukan atraksi antara manusia dan buaya, tapi sayangnya pertunjukan ini tidak ada setiap hari loh, anda harus datang di hari libur setiap pukul 11.00 dan 14.00. Selain itu, disini juga ada kebun buah sawo loh, anda bebas memetik buah sawo langsung dari pohonnya, tapi tentunya tidak gratis loh.

atraksi buaya dan manusia
Atraksi Manusia dan Buaya di Taman Buaya Indonesia Jaya, sumber foto : wartapersada27.blogspot.com

Bagi kalian yang ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Bekasi ini bersama keluarga dan anak, kalian tidak perlu khawatir, disini juga menyediakan area bermain juga. So, jika belum pernah kesini, kalian wajib mengunjunginya.

3Saung Ranggon, Wisata Bersejarah di Bekasi

saung ranggon di bekasi

Wisata satu ini merupakan tempat wisata peninggalan bersejarah yang ada di Bekasi. Saung Ranggon ini merupakan tempat persembunyian yang dulu dibangun oleh Pangeran Rangga, putra dari Raja Jayakarta pada abad ke-16 saat masa pelarian dari kejaran Belanda. Meskipun sudah lama dibangun oleh Pangeran Rangga, tapi Saung Ranggon ini baru ditemukan oleh Raden Abbas pada tahun 1821.

Jika berdasarkan namanya, Saung Ranggon berasal dari bahasa sunda yaitu saung yang berarti rumah ditengah sawah atau ladang, pada jaman penjajahan saung merupakan tempat yang digunakan untuk menyepi.

Saung Ranggon di Bekasi
Saung Ranggon di Bekasi, sumber foto : www.flickr.com

Saung Ranggon sendiri berada di Kampung Cikedokan, Cikarang Barat. Tempat bersejarah ini memiliki luas 7,6 x 7,2 meter dan mempunyai tinggi lantai setinggi 2,5 meter. Bagian dalam dari Saung Ranggon hanya terdapat ruangan luas tanpa sekat dan jendela loh. Jika kalian ingin berkunjung disini, tempat ini juga dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan loh, jadi kalian juga bisa bersantai untuk menikmati nuansa alaminya.

4Waterboom Lippo Cikarang, Wisata Taman Bermain Air

waterboom lippo cikarang
Waterboom Lippo Cikarang di Bekasi, sumber foto : www.nyarinyari.com

Ingin berenang dengan nuansa wisata di Bali? kalian wajib mengunjungi wisata taman bermain air yang ada di Bekasi ini. Waterboom Lippo Cikarang merupakan wisata taman bermain air yang berlokasi di daerah perumahan Lippo Cikarang, Cikarang, Bekasi.

Apa sih beda waterboom Lippo Cikarang dengan wisata taman bermain air di tempat lain? pada dasarnya waterboom Lippo Cikarang juga mempunyai wahana bermain yang sama dengan tempat lain, misalnya seperti kolam yang dilengkapi jaring untuk bermain voli air, kolam arus, kereta luncur air, dan lain sebagainya. Hal yang membedakan adalah di waterboom ini didesain dengan nuansa Bali dan juga terdapat Juice Stasion loh ditengah-tengah kolam renang, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk mencarinya.

waterboom lippo cikarang
sumber foto : kompasiana.com

Soal harga dan jam buka waterboom lippo cikarang, anda tidak perlu khawatir, untuk hari senin sampai dengan jumat, harga tiketnya 55.000 sedangkan sabtu dan minggu atau hari libur harga tiketnya sebesar 85.000. Jam buka atau jam operasional dari Waterboom Lippo Cikarang yaitu mulai dari jam 10.00 sampai jam 18.00.

5Gedung Juang 45, Wisata Tempat Bersejarah di Bekasi

gedung juang 45

Gedung Juang 45 merupakan tempat wisata bersejarah di Bekasi, pasalnya gedung ini merupakan gedung peninggalan belanda yang dibangun diatas tanah seluas 1000 meter persegi yang dulunya dijadikan tempat perundingan antara bangsa Indonesia dan penjajah.

Gedung ini berlokasi di Jalan Sultan Hasanudin 5, Tambun, Bekasi, yang terdiri dari dua lantai. Tapi jika anda berminat untuk mengunjungi tempat ini, anda hanya bisa sekedar melihat-lihat saja karena Gedung Juang 45 bukan lagi tempat wisata tetapi sekarang sudah menjadi perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi.

6Pantai Muara Beting, Wisata Pantai di Bekasi

Pantai Muara Beting Bekasi

Salah satu wisata pantai di bekasi ini berlokasi di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong yang berjarak kurang lebih 48 km dari Bekasi. Pantai Muara Beting ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih kecoklatan dan adanya cagar alam yang berasal dari hutan bakau.

7Danau Cibeureum, Wisata Danau di Bekasi

danau cibeureum bekasi

Danau Cibeureum merupakan tempat wisata di Bekasi yang berupa danau. Selain pemandangan danau yang ditengah-tengahnya terdapat sebuah pulau kecil, Danau Cibeureum merupakan tempat favorit bagi para pesepeda. Jika anda berkunjung ke tempat ini, anda tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya karena di danau cibeureum tersedia fasilitas seperti toilet umum, warung makan, dan lain sebagainya. Lokasi Danau Cibeureum berada di Desa Lambang Sari dan Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun, Bekasi.

8Klenteng Hok Lay Kiong, Wisata Klenteng di Bekasi

Klenteng Hok Lay Kiong di Bekasi

Klenteng Hok Lay Kiong adalah klenteng yang berada di Jalan Kenari, Margahayu, Bekasi Timur dan merupakan salah satu klenteng yang tertua di Indonesia loh, usianya diperkirakan lebih dari 300 tahun. Disini kalian akan menemukan patung para dewa seperti Dewa Hok Lay Kiong, Dewi Kwam In dan Dewa Tjay Sen Loya. Jika kalian mengunjungi tempat ini disaat perayaan seperti perayaan imlek maka kalian akan menjumpai pertunjukan yang luar biasa seperti parade barongsai.

9Danau Marakash, Wisata Danau di Bekasi

danau marakas bekasi
Danau Marakas di Bekasi, sumber foto : masdonie.blogspot.com

Selain Danau Cibeureum, Bekasi juga mempunyai wisata danau lainnya loh, wisata danau tersebut adalah Danau Marakash. Danau Marakash sendiri terletak di Pondok Ungu Bekasi Utara. Selain fasilitas dan beberapa kegiatan seperti memancing dan wisata kuliner disekitar danau, disini kalian tidak dipungut biaya loh, alias gratis.

10Hutan Kota, Wisata Alam Berupa Hutan di Bekasi

Hutan Kota di Bekasi
Hutan Kota di Bekasi, sumber foto : kaskus.co.id

Siapa bilang Bekasi hanya diisi wilayah yang gersang dan panas? Bekasi juga mempunyai wisata alam berupa hutan loh. Ya, hutan tersebut adalah Hutan Kota. Wisata Hutan Kota memiliki luas kurang lebih sekitar 2 hektar dan menyajikan suasana alami yang segar serta disini anda juga dapat mengunjungi penangkaran burung kutilang dan burung merpati.

Hutan Kota di Bekasi ini tepatnya berada di Jalan Raya Veteran, Desa Margahayu, Bekasi Selatan.

taman_hutan_kota_bekasi

Itulah beberapa tempat wisata di Bekasi yang dapat kalian kunjungi, semoga dari ulasan kali ini cukup memberikan kalian informasi mengenai tempat wisata di Bekasi. Jika ada dari kalian yang ingin berbagi pengalaman atau ingin menambahkan tempat wisata yang ada di Bekasi selain dari ulasan yang kita bahas diatas, silahkan berikan melalui komentar dibawah ini yaaa, terima kasih.

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.