Ini Dia 5 Tempat Wisata Eksotis di Kalimantan Timur

0
3643

Bagi kalian para pecinta travelling yang sedang bingung menentukan destinasi kemana next trips selanjutnya, kalian harus mencoba mempertimbangkan tempat wisata yang ada di provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Timur memang terkenal mempunyai beberapa tempat wisata yang menarik meskipun banyak juga diantaranya harus melalui medan yang sulit tapi ketika sampai ke tempat tujuan semua jerih payah kalian akan terbayarkan. Berikut daftar 5 tempat wisata eksotis di Kalimantan Timur.

1Danau Labuan Cermin

danau_labuan_cermin
Danau Labuan Cermin, Sumber Foto : www.culturnesia.com

Amazing…!!! mungkin kata itulah yang terucap pertama kali saat mengunjungi Danau Labuan Cermin. Salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur mempunyai ciri khas yang unik loh, kenapa unik? danau Labuan Cermin ini merupakan danau dari perpaduan air tawar dan air laut. Hebatnya lagi, kombinasi tersebut menjadikan air di danau ini mempunyai efek cermin, luar biasa bukan?

Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin, Sumber Foto : www.piknikasik.com

Danau ini terletak di Desa Labuan Kelambu, Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk dapat mengunjunginya, kalian dapat kesana dengan mobil dari bandar udara Berau ke Biduk-biduk dalam kurun waktu kurang lebih 6 jam perjalanan. Setelah sampai di Biduk-Biduk, kalian harus menempuh perjalanan lagi untuk menuju ke Desa Labuan Kelambu. Selanjutnya tibalah kalian naik kapal untuk menuju ke danau, tapi ingat yaa, kapal ini tidak gratis loh, ada biaya yang dikenakan sebesar 100.000.

2Pulau Beras Basah

pulau beras basah
Pulau Beras Basah, Kalimantan Timur, sumber foto : www.tumblr.com

Jika anda memimpikan untuk mengunjungi sebuah pantai dengan pasir putih, laut biru dan terdapat mercusuar yang tinggi menjulang, Pulau Beras Basah lah tempatnya. Pulau Beras Basah terletak di Kalimantan Timur dan berjarak 30 menit dari Bontang. Pulau Beras Basah ini merupakan Pulau di Kalimantan Timur yang mempunyai pasir putih dan laut yang indah loh. Disini kalian bisa menikmati sarana hiburan laut seperti snorkeling, diving, bahkan banana boat.

bentuk pulau beras basah
Pulau Beras Basah, sumber foto : mataelangborneo.blogspot.com

Salah satu hal yang menarik disini adalah ketika kalian bersnorkeling atau diving, kalian akan disuguhkan pemandangan bintang laut yang berwarna-warni dan nuansa gelembung-gelembung dari dasar laut seperti gelembung yang ada di akuarium loh, luar biasa dan eksotis bukan?

3Bukit Bangkirai

bukit bangkirai
Bukit Bangkirai, sumber foto : www.beritadaerah.co.id

Setelah tempat wisata air di Kalimantan Timur yang sudah kita bahas diatas, sekarang saatnya kita bergeser ke Bukit Bangkirai. Bukit Bangkirai merupakan salah satu wisata alam hutan tropis yang begitu nyaman loh, bagi kalian pecinta nuansa alam, kalian wajib mengunjungi tempat ini. Salah satu hal yang menarik dari bukit ini adalah adanya jembatan gantung sepanjang 30 meter yang tiangnya berasal dari pohon alami yang masih hidup. Dari jembatan ini kalian bisa menikmati indahnya pohon pohon bangkirai yang berbaris dan  pemandangan hutan tropis yang ada di Bukit Bangkirai. Lokasi bukit bangkirai ini berada 58 km dari kota Balikpapan.

4Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pampang, Sumber Foto : www.flickr.com

Untuk seni dan budaya, Kalimantan Timur juga mempunyai desa yang namanya Desa Budaya Pampang. Desa ini dihuni oleh 800 suku dayak kenyah loh. Bagi yang ingin menikmati pertunjukan seni dari desa ini kalian bisa datang setiap hari minggu pada jam 13.00 sampai dengan 15.00. Disini kalian akan disuguhi tarian khas Dayak.

5Taman Nasional Kutai

taman nasional kutai
Taman Nasional Kutai, sumber foto : orangutanprotection.com

Taman Nasional Kutai merupakan taman nasional yang berada di Kalimantan Timur. Disini kalian dapat menikmati satwa langka yang sudah hampir punah seperti orangutan. Sebenarnya disini memang tidak khusus untuk orangutan, ada beberapa hewan lainnya yang dilindungi dan dilestarikan di Taman Nasional Kutai ini, seperti banteng, rusa, beruang madu dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tempat wisata eksotis yang ada di Kalimantan Timur. Semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian yang ingin berlibur ke Kalimantan Timur. Jika kalian sudah pernah mengunjungi tempat diatas, silahkan bagikan pengalaman anda di komentar dibawah ini yaa, terima kasih, happy traveling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.