Siapa yang tidak mengenal kota Semarang. Kota terbesar ke lima di Indonesia yang berada di provinsi Jawa Tengah ini menyuguhkan kemenarikan sendiri. Masyarakat yang ramah, fasilitas kota yang lengkap dengan ditunjang infrastruktur yang baik. Memberikan dukungan kenyamanan anda ketika berkunjung. Tidak saja itu, ketika anda berkunjung akan menjumpai tempat wisata kuliner yang berada di sudut-sudut kota. Tidak perlu khawatir ketika anda berkunjung perut anda akan mengalami kegonjangan karena kelaparan. Tinggal memilih berbagai jenis kuliner yang tentu membuat anda lupa diri. Banyak orang yang sudah mengenal kuliner khas Semarang semacam Lumpia dan Bandeng Presto. Perlu anda ketahui selain itu ada beragam kuliner Semarang yang dijamin nikmat. Untuk itu, artikel ini akan membahas kuliner khas Semarang yang begitu melezatkan.

1Tahu Gimbal

Kuliner khas Semarang pertama adalah tahu gimbal. Mendengar kata gimbal mungkin anda akan berpikir tentang sesuatu yang lebat dan tidak teratur. Hal ini berbeda dengan tahu gimbal kuliner khas Semarang. Tahu ini kenapa di sebut gimbal karena dalam penyajikan yang beragam. Sajian ini membuat anda semakin semangat menikmati karena beragam. Tahu gimbal terbuat dari olahan udang yang diberi tepung dan kerupuk udang yang memiliki rasa khas. Dalam penyajian anda akan menemukan potongan lontong, kol, dan siraman bumbu kacang. Bumbu kacang khas semarang inilah yang akan memberikan sensasi di lidah anda.

2Soto Bangkong

Kuliner khas Semarang ini berupa soto yang dalam penyajiannya berbeda dari yang lainnya. Kuah yang bening dengan campuran suwiran ayam, irisan tomat, tauge, mie bihun, dan taburan bawang. Perpaduan yang lengkap ini menambah cita rasa semakin mantab. Jika anda ingin lebih kenyang bisa menambahkan sate ayah, perkedel, telur, dan beberbagai olehan lainnya. Jika anda berkunjung ke Semarang kurang lengkap tanpa menikmati soto bangkong.

3Mie Kopyok

kuliner khas semarang berikutnya berupa mie kopyok. Jenis kuliner ni berbahan utama mie dengan tambahan daging, lauk berupa tahu dan krupuk. Selain itu, perpaduan rempah-rempah yang terdapat dalam kuliner khas Semarang ini juga semakin menambah lezat dan makyus. Jika ingin semakin kenyang anda dapat menambahkan potongan lontong dengan beras pilihan. Anda dapat menikmati kuliner Mie kopyok sambil melihat keindahan kota Semarang.

4Nasi Goreng Babat Gongso

Kuliner khas semarang berikutnya berupa nasi goreng babat gongsong. Mungkin anda tidak asing lagi dengan nasi goreng, bahkan menjadi salah satu daftar makanan favorit. Namun, ada yang berbeda dari nasi goreng khas Semarang ini. Kulit sapi bagian lambung akan menjadi sajian khasnya. Babat dimasak sedemikian rupa sehingga tidak berbau dan tentu mengeluarkan cita rasa yang khas. Nasi sebagai bahan utama digoreng dengan perpaduan bumbu serta kecap yang begitu kental sehingga menghasilkan warna kecoklatan. Warna inilah yang memberikan pembeda dengan nasi goreng lainnya. Anda juga bisa menikmati gongso sendiri dengan nasi biasa. Sangat cocok bagi anda yang menyukai kuliner dan dijamin buat anda lupa diri.

5Pisang Plenet

Kuliner khas Semarang berikutnya berupa pisang plenet. Bahan dasar utama dari kuliner ini berupa pisang pilihan yang telah matang. Dengan pisang yang telah matang inilah yang akan menghasilkan rasa manis yang alami. Sehingga, akan membuat lidah ada bergoyang. Olahan pisang ini dimasak dengan dibakar, ketika terlihat agak gosong dan berwarna kecoklat-coklatan pisang sudah siap untuk melangkah tahap selanjutnya. Pisang yang sudah matang dipipihkan dengan olesan margarin. Olesan margarin ini bertujuan untuk melengketkan coklat, meisis, selain nanas, ataupun selai lainnya yang tentu membuat rasa  lidah anda semakin menari-nari.  Mencicipi keistimewaan kuliner khas Semarang pisang plenet sangat pas ditemani dengan orang tersayang. Jangan lewatkan ketika berkunjung ke Semarang ajak orang tersayang untuk menikmatinya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.