Berbicara soal kuliner khas Banjarmasin memang tidak ada habisnya. Ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan ini memang kaya dengan kuliner yang khas. Asal kamu nih, kota Banjarmasin sering dijuluki dengan Kota Seribu Sungai karena keberadaan sungai-sungai besar yang ada di kota ini. Namun, artikel berikut bukan mengulas tentang keberadaan sungai dan wisata yang ada di sini ya. Artikel ini akan mengupas tuntas kuliner yang menjadi kebanggaan masyarakat Banjarmasin. Kamu akan menikmati sensasi goyang lidah dengan mencicipi beraneka ragam kuliner yang ada di Kota Banjarmasin. Langsung saja yuk, ikuti ulasan berikut.

1Nasi Kuning

Sumber: https://monsieurlecoq.wordpress.com

Meski kota Banjarmasin selalu diidentikkan dengan soto banjar, namun kamu wajib mencicipi kuliner yang satu ini. Nasi Kuning Banjarmasin menjadi menu idola sarapan oleh warga setempat. Saat berkeliling ke kota ini, kamu akan mendapati nasi kuning ada di setiap warung di kota ini. Nasi kuning ini biasanya disajikan dengan kombinasi lontong atau bubur ayam.  Kamu dapat menikmati sensasi goyang lidah kuliner khas Banjarmasin ini dengan bungkus daun pisang yang akan menambah cita rasa alami kuliner ini.

Lauk yang biasa dijasikan dengan nasi kuning ini adalah ikan haruan. Jenis ikan ini memang menjadi lauk favorit bagi masyarakat Banjarmasin. Lauk nasi kuning biasanya diolah dengan dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar. Untuk pilihan lauk lainnya adalah hintalu atau telur dan ayam. Saat kamu berkunjung ke kota Banjarmasin, kamu tidak akan kesusahan untuk mendapatkan nasi kuning. Kamu hanya perlu keluar hotel dan mengunjungi di kerumunan orang di sebuah warung di ujung jalan. Disitulah kamu akan menemukan nasi kuning khas Banjarmasin. Kamu akan terkejut dengan budaya sarapan pagi masyarakat Banjarmasin dengan menu nasi kuning yang disebut dengan budaya mawarung.

Berikut beberapa tempat yang kami rekomendasikan untuk mendapatkan nasi kuning di Banjarmasin di antaranya adalah nasi kuning andalas yang ada di area Pasar Baru. Nasi kuning lontong orari buka sampai dini hari di Jalan Seberang Masjid. Sementara Nasi kuning pasar lama dapat kamu nikmati di hampir semua warung.

2Bubur Ayam

Sumber: http://pengentahuyuk.blogspot.co.id

Hampir sama dengan nasi kuning, bubur ayam khas Banjarmasin ini menjadi menu andalan di warung-warung yang buka pada pagi hari. Asal kamu tahu ya, bubur ayam khas Banjarmasin ini berbeda dengan bubur ayam kebanyakan. Jika bubur ayam biasanya ada kuahnya yang cukup banyak, bubur ayam khas Banjarmasin ini justru sedikit sekali malah hampir tidak ada kuahnya. Bubur ayam khas Banjarmasin ini dilengkapi dengan ayam, daun sop dan potongan cakwe. Biasanya juga ditambah dengan irisan telur serta krupuk sebagai pendampingnya.

Kamu akan merasakan sensasi bubur ayam dengan cita rasa bumbu khas Banjar yang pastinya membuat lidah kamu bergoyang. Kami akan merekomendasikan beberapa tempat yang menyajikan bubur ayam khas Banjarmasin ini diantaranya Bubur Bunda yang berada di Jalan Pulau Laut dan Flamboyan. Bubur Soraya yang dapat kamu temukan di Jalan Simpang Telawang. Sementara di Jalan Nagasari (Djok Mentaya) kamu dapat berkunjung ke Bubur Nagarasi. Serta Bubur Ayam Bumi Mas dapat kamu temukan di Jalan Bumi Mas.

3Soto Banjar

Sumber: https://id.wikipedia.org

Pasti kamu sudah tahu bahwa Banjarmasin terkenal dengan Soto Banjar. Nah, kali ini kami akan membahas Soto Banjar yang menjadi menu wajib di setiap warung di kota ini. Soto Banjar hampir sama dengan soto ayam kebanyakan yang berbahan dasar ayam, telur dengan campuran bumbu rempah. Namun bedanya, kuah Soto Banjar akan sedikit lebih manis dan segar karena dilengkapi dengan kayu manis sehingga menyebabkan soto banjar ini dikenal berbeda dengan soto lainnya yang ada di nusantara.

Sumber: http://obebek.blogspot.co.id

Selain itu, kuah soto banjar biasanya ditambahkan dengan susu sehingga akan membuat tekstur soto lebih kental. Soto Banjar biasanya didampingi dengan perkedel dan jeruk nipis. Nah, yang buat kamu semakin berkesan adalah ketika memesan soto ini kamu akan mendapati lontong di dalam menu ini. Jadi, ketika kamu tak ingin lontong, maka kamu harus memesan sesuai selera bisa diganti nasi misalnya. Berikut kami rekomendasikan beberapa tempat yang menyajikan soto banjar ini diantaranya Soto Bang Amat di Banua Anyar, Soto Banjar H Anang Ayam Bapukah di Jalan Pekapuran. Soto Bawah Jembatan di Banua Anyar, Soto Rina Kuin Pertamina. Warung Pondok Bahari yang terletak di Simpang Piere Tendean. Soto Pal Satu di Jalan Ahmad Yani Km 1. Serta Soto Pahlawan di Kampung Melayu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.