Telaga Warna Dieng Wonosobo – Pariwisata merupakan sumber pendapatan daerah ataupun negara paling menjanjikan dan konsisten sehingga pariwisata setiap negara terus digalakkan. Kemajuan pariwisata suatu negara tidak lepas dari kontribusi pariwisata daerah. Sejak beberapa tahun yang lalu Indonesia terus menggalakkan pariwisata nasional untuk menarik wisatawan mancanegara karena hal ini akan berdampak pada pertumbuhan devisa negara.

Berbagai daerah di Indonesia tidak dipungkiri selalu memiliki daya tarik, terutama wisata alam yang banyak dicari orang-orang kota, apalagi turis mancanegara. Salah satu daerah yang pariwisatanya maju adalah Wonosobo yang terletak di Jawa Tengah. Tepatnya di dataran tinggi dieng yang memiliki sejuta keindahan alam, sepeti Gunung Prau, Kawah Sikidang, Kompleks Candi Arjuna, Telaga Warna, Dieng Plateau, Sikunir dan lain-lain.

telaga warna dieng

Dataran tinggi Dieng bak surga tanah Jawa. Siapa yang tidak tahu dan tidak tersihir melihat keajaiban alam di sana. Pariwisata Dieng memang sudah terkenal sejak dulu namun beberapa waktu terakhir, pariwisata setempat terus digalakkan sehingga banyak orang berkunjung dari berbagai penjuru daerah dan dunia. Telaga Warna Dieng adalah salah satu pesona dataran tinggi Dieng. Untuk menuju Dieng Anda bisa melalui jalur Kebumen-Wonosobo, Banjarnegara-Wonosobo, Purworejo-Wonosobo, Temanggung-Wonosobo, Magelang -Wonosobo. Wonosobo memang kabupaten yang strategis karena diapit oleh berbagai daerah lain. Meskipun begitu, jalan yang harus Anda lalui berkelok-kelok, sesekali menanjak dan turun tajam karena memang Wonosobo merupakan daerah pegunungan.

Dari kota Wonosobo, tepatnya melewati Alun-Alun Wonosobo, untuk menuju obyek wisata ini Anda harus mengambil arah menuju Dieng. Ketika Anda memasuki wilayah kawasan Dieng, Anda akan dikenakan tarif masuk lembah Dieng, setelah itu Anda masih harus mengemudi terus melewati jalanan yang naik dan turun tajam. Jadi jika Anda menggunakan motor pastikan rem Anda bekerja dengan baik dan tentunya dibutuhkan keahlian yang cukup. Jika Anda menggunakan mobil sebaiknya berhati-hati karena jalanan di sana tidak begitu lebar, hanya cukup untuk satu mobil dan motor. Ketika musim liburan, dipastikan kawasan wisata tersebut padat pengunjung.

telaga dieng

Sesampainya di sana Anda akan disuguhi pemandangan cantik ala pegunungan dengan tumbuhan hijau nan subur. Anda bisa langsung menuju telaga warna. Telaga Warna Dieng merupakan salah satu magnet terbesar pariwisata di sana. Telaga ini begitu unik jika dibandingkan telaga lainnya. Terletak di ketinggian 2000 meter, membuat udara di sana begitu sejuk dan terasa dingin. Tapi rasa dingin yang melanda tidak menyurutkan wisatawan untuk memanjakan diri dan berelaksasi di sana. Di sekeliling telaga Anda akan disuguhi pemandangan menyejukkan berupa bukit dengan pepohonan rindang menutupi tepian.

Keistimewaan lain dari telaga ini  adalah warna air telaga yang bisa berubah-ubah. Kadang ia berwarna hijau dan kuning, kadang pula berwarna-warni. Kenapa warna air telaga Dieng bisa berubah warna? Hal tersebut terjadi karena kandungan sulfur yang sangat tinggi di dalam telaga sehingga ketika sinar matahari menyinari telaga, airnya akan berubah warna. Inilah fenomena alam langka yang jarang bisa Anda saksikan. Anda bisa berkeliling telaga warna sambil melihat goa yang ada di sana yaitu Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumalasari, goa jarang resi Kandaliseto. Goa-goa tersebut dijadikan sebagai tempat untuk meditasi. Bahkan di salah satu goa terdapat kolam kecil yang diyakini masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Jika Anda ingin berlibur dalam waktu yang lama, Anda bisa menyewa homestay dengan harga yang cukup terjangkau. Sebaiknya hindari berkunjung ke sana saat musim hujan melanda karena jalanan menjadi licin dan berbahaya. Waktu terbaik untuk mengunjungi pariwisata di Dieng adalah saat musim kemarau karena ketika musim hujan resiko kabut sangat besar sehingga Anda akan sulit melihat keindahan Telaga Warna Dieng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.