Tempat Wisata di Pulau Madura Yang Harus Kalian Tau

0
2089

Pernahkah sobat mendengar Pulau Madura? Mungkin jika sobat tinggal didaerah Jawa Timur pasti tau tentang pulau Madura.  Pulau ini termasuk bagian dari provinsi Jawa Timur yang berlokasi berdekatan dengan Kota Pahlawan, Surabaya. Mungkin jika kalian mendengar tentang pulau Madura, sebagian orang yang belum mengetahui akan beranggapan pulau ini gersang dan “Seram” mengingat beberapa kejadian yang terjadi misalnya seperti  tragedi Sampit. Tapi tunggu dulu, kita tidak akan membahas mengenai itu, kita akan membahas tentang tempat wisata yang dapat sobat kunjungi jika sobat berencana untuk mengunjungi pulau madura ini. Berikut beberapa tempat wisata di pulau Madura.

1Pantai Badur Batu Putih

Pantai Balur Batu Putih
Pantai Balur Batu Putih by ngadem.com

Pantai Badur Batu Putih ini termasuk pantai yang berada di daerah pantai utara pulau Madura yaitu di kota Sumenep. Jika sobat belum pernah mendengar pantai badur batu putih hal ini wajar, karena pantai memang belum begitu terkenal. Meskipun masih belum begitu terkenal, pantai ini mempunyai ciri khas dan keindahannya sendiri dan pastinya pantai ini GRATIS tanpa dipungut biaya. Sedikit saran, jika ingin melihat matahari terbit, pantai ini sangat cocok bagi sobat.

Jika sobat berminat untuk mengunjungi pantai ini, lokasi Pantai Badur Batu Putih berada di pantai utara pulau madura yang berada di Kota Sumenep.

2Pantai Slopeng atau Salopeng

pantai slopeng
Pantai Slopeng by detik.com

Pantai Slopeng atau Salopeng merupakan salah satu pantai yang terkenal di pulau Madura, pantai ini terkenal dengan keindahan pasirnya tapi sayangnya sekarang keindahan tersebut sudah rusak karena banyaknya penambangan pasir yang dilakukan oleh pihak tertentu. Selain gunung pasir yang menjadi ciri khas pantai Slopeng ini, masih ada beberapa pemandangan yang cukup menarik jika dilihat seperti  pemandangan pepohonan kelapa yang dapat sobat manfaatkan untuk dijadikan objek berfoto ria.

Jika sobat berminat untuk mengunjungi pantai Slopeng,  lokasi Pantai Slopeng atau Salopeng berada pada Kecamatan Dasuk, yaitu sekitar 21 km dari pusat kota Sumenep, Madura.

3Pantai Legung

pantai legung sumenep madura
Pantai Legung, Sumenep, Madura by kidnesia.com

Setelah pantai badur batu putih dan pantai slopeng, sobat bisa mengunjungi pantai legung yang memang lokasinya berdekatan dengan pantai slopeng. Pantai Legung ini mempunyai keindahan tersendiri dengan pasir putihnya. Selain keindahan dari pantai legung, ada hal yang menarik lagi dari pantai legung, yaitu terdapat air tawar dipantai tersebut. Bukan air tawar dari penjual minuman loh, tapi air tawar dari pasir yang berada dipesisir pantai. Jika sobat mengeruk pasirnya kemudian ada air yang keluar, air itu bersifat tawar. Tidak percaya? Sobat bisa membuktikannya sendiri.

Jika sobat berminat, lokasi pantai Legung terletak di desa Legung Timur, Sumenep. Tempatnya tidak jauh dari pantai slopeng.

4Pantai Lombang

pantai lombang sumenep madura
Pantai Lombang by wikipedia.org

Jika sobat mengunjungi pantai lombang ini, sobat akan melihat pemandangan pasir putih dan rimbunnya pohon cemara udang disekitar pantai. Pantai Lombang ini merupakan pantai yang terbesar sepanjang pantai utara Sumenep, Madura.

Jika sobat berminat mengunjungi pantai ini, lokasi pantai lombang terletak pada Kecamatan Batang-batang, kurang lebih 25 km dari pusat kota Sumenep. Harga tiket yang dikenakan jika sobat berkunjung ke pantai lombang ini adalah Rp. 10.000,-/orang (saat artikel ini ditulis, 2015).

5Pantai Toraja

Pantai Toraja

Pantai Toraja terletak di daerah yang bernama toraja di kota Sumenep. Di pantai ini menyediakan kuliner khas daerah toraja. Bagi sobat yang ingin sekedar melepas penat dan bersantai ria, sobat dapat mengunjungi pantai toraja ini.  Pantai ini terletak di Kecamatan Dungkek, Desa Romban Barat, Sumenep. Untuk keindahannya sobat bisa saksikan video dari NET. berikut ini.

6Pulau Giliyang

Pulau Giliyang Sumenep

Sebelum membahas lebih jauh tentang pulau giliyang ini, sobat perlu tau kalau ternyata pulau giliyang ini merupakan pulau dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia. Wow, bisa dibayangkan bukan gimana suasana disana. Pulau giliyang ini memiliki luas 9,15 km, disana terdapat dua desa, yaitu desa Banraas dan desa Bancamara.

Jika sobat berminat untuk mengunjungi pulau ini, pulau giliyang ini terletak di Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek, Sumenep. Untuk menuju pulau ini sobat harus menyewa perahu dari pelabuhan Dungkek dengan waktu perjalanannya sekitar 1 jam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.