Pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai tempat wisata menarik di Surabaya yang sayang untuk dilewatkan jika kalian berkunjung ke kota pahlawan ini. Jika mendengar kota Surabaya pasti dibayangan kalian adalah kota yang panas bukan? tapi tunggu dulu, selain suhunya yang tergolong panas, Surabaya mempunyai tempat-tempat menarik yang dapat kalian jadikan tujuan untuk berwisata loh. Mau tau? berikut beberapa tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi.

1Kebun Binatang Surabaya

kebun binatang surabaya

Yang pertama tentunya adalah Kebun Binatang Ssurabaya, kenapa saya membahas kebun binatang ini untuk pilihan pertama adalah karena menurut saya kebun binatang Surabaya ini cukup menarik bagi sebagian wisatawan yang berasal dari luar kota Surabaya, bagaimana tidak, setiap saya melewati tempat ini selalu saja ada yang berfoto didepan patung Sura dan Buaya di depan kebun binatang ini.

Perlu kalian ketahui, kebun binatang Surabaya ini dulunya adalah kebun binatang terlengkap di Asia tenggara loh, tapi saat ini kebun binatang Surabaya memang dalam kondisi yang memprihatinkan. Kalian tentu pernah mendengar di beberapa media bukan tentang banyaknya satwa yang mati, kandang yang kosong tanpa ada hewan didalamnya, dan masih banyak lainnya, kita didoakan saja semoga masalah yang dihadapi manajemen kebun binatang Surabaya segera terselesaikan. Tapi jangan khawatir, masih banyak hal menarik yang kalian dapatkan di kebun binatang ini.

2Jembatan Suramadu

jembatan suramadu
Jembatan Suramadu Surabaya, via www.nettik.net

Beberapa tahun terakhir ini kalian pasti sering mendengar tentang Jembatan Suramadu bukan? Ya, jembatan ini menghubungkan antara kota Surabaya dan Pulau Madura. Meskipun sebenarnya jembatan ini bukan tempat wisata, namun tak jarang saya mendapati beberapa wisatawan yang sengaja mengunjungi tempat ini bahkan hanya sekedar melewati jembatan Suramadu saja kemudian balik lagi ke kota Surabaya.

Jembatan Suramadu ini dibangun sepanjang 5,4 Km lebih tepatnya 5.438 meter dan sampai saat artikel ini saya ditulis, jembatan Suramadu masih merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

3Hutan Mangrove

hutan mangrove wonorejo surabaya

Jika anda mencari tempat wisata alam di Surabaya, wisata hutan mangrove lah yang dapat kalian kunjungi. Hutan Mangrove Wonorejo ini merupakan tempat wisata yang paling favorit beberapa tahun ini, bahkan tempat ini sering sekali dijadikan tempat untuk foto pre-wedding loh, jadi jangan kaget jika kalian kesana kemudian melihat banyak calon pasangan pengantin yang berfoto di tempat ini.

4Taman Bungkul

Taman Bungkul juga cukup populer loh, taman ini terletak tak jauh dari kebun binatang Surabaya. Nama Taman Bungkul ini berasal dari nama tokoh agama islam yang dimakamkan didekat taman tersebut, Sunan Bungkul. Dan terima kasih kepada Walikota Surabaya, Ibu Risma yang menjadikan taman Bungkul ini sebagai taman yang bagus dan begitu lengkap fasilitasnya sampai-sampai mendapatkan penghargaan pada tahun 2013 yaitu The 2013 Asian Townscape Award dari PBB sebagai taman terbaik di Asia.

Untuk soal fasilitas, taman Bungkul Surabaya dilengkapi dengan zona akses wifi gratis, telepon umum, area green park, air mancur, taman untuk bermain skateboard dan BMX. Selain itu ada tempat buat kalian yang hobi jogging loh, karena tempat ini menjadi salah satu tempat yang dijadikan Car Free Day tiap minggunya.

5Monumen Kapal Selam

Pernahkan kalian melihat dan mengetahui seluk beluk dari kapal selam? jika belum, maka kalian harus datang ke Museum Monumen Kapal Selam yang ada di Surabaya ini. Disini kalian bisa masuk dan melihat ada apa aja sih didalam kapal selam itu. Perlu kalian ketahui, kapal selam ini sungguhan loh, bukan kapal selam buatan, konon katanya kapal selam ini pernah digunakan untuk perang melawan Belanda loh, tepatnya pada saat pembebasan Irian Barat. Untuk lokasinya, kapal selam ini berada disamping Delta Plaza Mall.

6Pantai Kenjeran

Siapa bilang Surabaya tidak punya pantai, Surabaya mempunyai pantai yang bernama pantai Kenjeran. Pantai ini merupakan tempat paling favorit saya sewaktu kecil, tapi sayang saat ini banyak wisatawan yang tak bertanggung jawab sehingga menjadi pantai yang kotor.

7Tugu Pahlawan

tugu pahlawan

Surabaya terkenal dengan Kota Pahlawan, jadi tak heran jika kota ini terdapat sebuah tugu yang bernama Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan ini mirip dengan monas tapi tak sebesar dan semegah monas. Jika kalian kesini di hari minggu pagi hari, tempat ini terkenal dengan pasar pagi, dimana banyak terdapat penjual-penjual yang berjualan disekitar tempat ini, mulai dari baju, cemilan dan lain sebagainya. Lokasi dari Tugu Pahlawan ini berada didekat Pasar Turi Surabaya dan dekat dengan Bank Indoneisa di Surabaya.

8Ciputra Waterpark

ciputra waterpark surabaya
Ciputra Waterpark Surabaya, via www.ciputrasurya.com

Ciputra Waterpark adalah tempat wisata bagi kalian yang ingin berenang dan bermain, kolam renang satu ini termasuk kolam renang yang paling besar di Surabaya loh. Kolam renang ini berada di kawasan perumahan Citraland Surabaya.

9House of Sampoerna

House of Sampoerna ini merupakan tempat dimana kalian bisa menemukan beberapa koleksi bersejarah seperti alat-alat musik, pematik rokok, alat pelinting rokok, kios-kios replika dan lain sebagainya. Tempat ini biasanya dijadikan tempat bagi wisatawan untuk berfoto-foto. Jika kalian berminat datang ke tempat ini, lokasi House of Sampoerna berada di Taman Sampoerna No. 6, Surabaya, Jawa Timur dan buka pada jam 09.00 sampai dengan jam 22.00.

house of sampoerna surabaya

10Rumah Batik

rumah batik surabaya
Rumah Batik Surabaya, via eastjava.com

Di Rumah Batik Surabaya ini kalian dapat menemukan lebih dari 2000 koleksi batik dengan beragam motif. Rumah Batik ini berada di Jalan Tambak Dukuh, Surabaya.

11Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

masjid agung surabaya

Perlu kalian ketahui, sampai saat ini masjid agung Al-Akbar Surabaya merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta. Masjid ini terlihat begitu megah, hal ini dapat telihat jika kalian melewati tol dari arah Surabaya ke Sidoarjo kalian akan melihat masjid ini begitu besar dan megah. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini ketika hari minggu pagi sama seperti Tugu Pahlawan loh, beberapa menjadikannya tempat jogging atau hanya sekedar jalan-jalan pagi disekitar wilayah masjid.

12Jembatan Merah Surabaya

jembatan merah surabaya

Jembatan Merah Surabaya ini merupakan tempat bersejarah loh, jembatan ini merupakan pusat perjuangan bangsa Indonesia di Surabaya yang berujung perobekan bendera belanda di Hotel Majapahit. Selain nilai sejarahnya, di kawasan jembatan merah ini terdapat bangunan-bangunan tua ala belanda yang sering kali dijadikan spot bagi yang gemar fotografi.

kota tua surabya

13Taman Pelangi

taman_pelangi

Satu lagi tempat yang harus kalian kunjungi di Surabaya adalah Taman Pelangi, Taman Pelangi ini tergolong tempat baru di Surabaya, tapi tempat ini cukup unik loh, ada beberapa tiang yang menjulur membentuk gelombang kemudian dialiri air dari tiang tersebut. Warna pelangi akan nampak pada malam hari, yaitu lampu yang menyorot sehingga tampak begitu indah. Bagi kalian pecinta burung hantu, disini sering kali dijadikan tempat untuk berkumpul komunitas pecinta burung hantu.

Demikian beberapa tempat wisata yang menarik yang dapat kalian kunjungi di Surabaya, jika kalian pernah ke Surabaya dan menemukan tempat menarik selain daftar diatas, kalian bisa infokan disini melalui komentar dibawah ini yaa, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.